Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda Hari Ayah di Indonesia dan Negara-negara Lain

Kompas.com - 12/11/2023, 14:30 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Warga Indonesia merayakan Hari Ayah Nasional pada 12 November 2023, sementara Hari Ayah Sedunia dirayakan 18 Juni 2023.

Sekilas, keduanya sama-sama merupakan peringatan untuk menghormati dan menghargai para ayah.

Walaupun begitu, terdapat perbedaan antara Hari Ayah Nasional dan Hari Ayah Sedunia. Keduanya memiliki tanggal dan latar belakang perayaan yang berbeda.

Baca juga: 45 Twibbon dan Ucapan Hari Ayah Nasional 12 November 2023


Latar belakang Hari Ayah Nasional dan Hari Ayah Sedunia

Berikut latar belakang penetapan Hari Ayah Nasional di Indonesia dengan Hari Ayah Sedunia.

Hari Ayah Nasional

Dikutip dari Kompas.com, Sabtu (11/11/2023), pelaksanaan Hari Ayah di Indonesia berawal dari ide paguyuban lintas agama dan budaya bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).

PPIP memperingati Hari Ibu di Surakarta, Jawa Tengah dengan mengadakan lomba menulis surat untuk para ibu pada 22 Desember 2004.

Selesai acara, banyak peserta ingin diadakan penyelenggaraan lomba serupa untuk para ayah. Saat itu, belum ada perayaan nasional Hari Ayah.

PPIP memulai diskusi dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Surakarta untuk membuat peringatan Hari Ayah di Indonesia.

Mereka menilai ayah sebagai bagian dari keluarga yang berperan penting membentuk karakter keluarga.

PPIP mendeklarasikan Hari Ayah pada 12 November 2006 di Pendapi Gede Balai Kota Solo. Deklarasi serupa diadakan di Maumere dan Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Deklarasi Hari Ayah Nasional dimeriahkan pengumpulan surat bagi para ayah serta prosesi sungkeman. Kumpulan surat itu lalu dibuat menjadi buku Kenangan untuk Ayah.

Buku dan piagam deklarasi lalu dikirimkan ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono serta bupati di Sabang (Aceh), Merauke (Papua Selatan), Sangir Talaud (Sulawesi Selatan), dan Pulau Rote (NTT).

Peristiwa ini memelopori peringatan Hari Ayah Nasional setiap 12 November. Namun, peringatan ini bukan hari libur nasional.

Baca juga: Mengintip Kemeriahan Peringatan Hari Ayah Nasional Pertama di Indonesia

Hari Ayah Sedunia

Hari Ayah Sedunia/Father's Day.Shutterstock Hari Ayah Sedunia/Father's Day.
Hari Ayah Sedunia diperingati pada hari Minggu ketiga bulan Juni. Ini membuat tanggal peringatannya akan berbeda setiap tahun.

Dilansir dari BQ Prime (17/6/2023), Hari Ayah Sedunia diinisiasi oleh Sonora Smart Dodd, seorang wanita asal Spokane, Washington, AS.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com