Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi Ditetapkan, Berikut Perbandingan Harga Tiket Kereta Cepat Whoosh Vs Argo Parahyangan

Kompas.com - 15/10/2023, 13:15 WIB
Alinda Hardiantoro,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mulai menjual tiket kereta cepat Jakarta Bandung atau Whoosh untuk tanggal keberangkatan 18 Oktober 2023.

Pada awal penjualannya, KCIC memberikan tarif diskon untuk memperkenalkan layanan kereta cepat Jakarta Bandung ke masyarakat.

Dikutip dari Kompas.com (14/10/2023), Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa menyampaikan, dengan adanya promo ini, masyarakat akan tertarik menggunakan moda transportasi kereta cepat untuk perjalanan mereka.

Kemunculan kereta cepat Jakarta Bandung menjadi alternatif transportasi masyarakat yang selama ini hanya mengandalkan kereta api Argo Parahyangan dengan rute yang sama, yakni Jakarta-Bandung.

Lantas, berapa perbandingan harga tiket kedua moda transportasi itu?

Harga tiket kereta cepat Jakarta Bandung

Eva menyebut, harga tiket kereta cepat Jakarta Bandung untuk keberangkatan mulai 18 Oktober 2023 sebesar Rp 300.000.

"Penetapan kebijakan tarif tersebut dilakukan melalui berbagai studi, survei, dan melihat fenomena serta kebutuhan di masyarakat," kata dia, masih dari sumber yang sama.

Pantauan Kompas.com di aplikasi pembelian tiket, harga tiket kereta cepat Jakarta Bandung dibanderol seharga Rp 300.000.

Namun, tiket yang tersedia hanya untuk kelas premium ekonomi. Sementara kelas bisnis dan first class masih belum tersedia.

Adapun pemesanan tiket kereta cepat Jakarta Bandung dapat dilakukan secara online melalui website https://ticket.kcic.co.id/.

Masyarakat juga bisa membeli secara offline melalui vending machine di stasiun dan loket stasiun.

Baca juga: Cara Naik Kereta Cepat Jakarta Bandung, Gratis Periode 11-16 Oktober 2023

Harga tiket kereta api Argo Parahyangan

Sementara itu, untuk tanggal keberangkatan yang sama, harga tiket kereta api Argo Parahyangan dengan rute Jakarta-Bandung dibanderol dengan harga Rp 150.000-Rp 510.000.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, berikut daftar harga tiket kereta api Argo Parahyangan untuk tanggal keberangkatan 18 Oktober 2023:

  • Kereta Argo Parahyangan Ekonomi: Rp 150.000
  • Kereta Argo Parahyangan Eksekutif: Rp 200.000
  • Kereta Argo Parahyangan Luxury: Rp 380.000-Rp 510.000.

Perbandingan waktu tempuh kereta cepat dan Argo Parahyangan

Selain berbeda dalam harga dan fasilitas yang diterima penumpang, waktu tempuh kereta cepat Jakarta Bandung dan Argo Parahyangan juga berbeda.

Dikutip dari Kompas.com (3/10/2023), kereta cepat Jakarta Bandung melaju hingga 350 kilometer per jam.

Dengan kecepatan itu, waktu tempuh Jakarta Bandung hanya 36-44 menit.

Sementara untuk kereta api Argo Parahyangan, perjalanan dari Stasiun Gambir di Jakarta menuju Stasiun Bandung di Jawa Barat membutuhkan waktu yang variatif, mulai 2 jam 45 menit sampai 3 jam 2 menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com