Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Kelompok Militan Palestina Hamas yang Luncurkan Serangan Mendadak ke Israel?

Kompas.com - 07/10/2023, 21:30 WIB
Diva Lufiana Putri,
Farid Firdaus

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kelompok militan Palestina Hamas melancarkan serangan mendadak dari Gaza ke Israel, Sabtu (7/10/2023) pagi.

Serangan tersebut merupakan salah satu eskalasi atau peningkatan paling serius dalam konflik Israel-Palestina selama bertahun-tahun.

Diberitakan Kompas.com, Sabtu, Hamas mengungkapkan, lebih dari 5.000 roket telah ditembakkan melintasi perbatasan sebelum para pejuangnya merangsek masuk ke Israel.

Usai rentetan roket tersebut, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyatakan negaranya tengah berperang dengan Hamas.

"Kita sedang berperang, bukan dalam sebuah operasi, bukan putaran, melainkan berperang," kata pemimpin Israel tersebut dalam sebuah pernyataan.

Lantas, apa dan siapa itu Hamas yang meluncurkan serangan mendadak ke Israel?

Baca juga: Tentara Israel Nyatakan Dukung Palestina, Begini Nasibnya Sekarang


Pendirian kelompok militan Hamas

Dilansir dari Britannica, Harakat al-Muqawamah al-Islamiyyah atau Hamas adalah sebuah gerakan nasionalis dan Islam Palestina yang bermarkas di Jalur Gaza.

Berdiri pada 1987, Hamas menentang pendekatan sekuler oleh Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) yang mewakili otoritas nasional Palestina, terhadap konflik Israel-Palestina.

PLO sendiri merupakan organisasi yang dibentuk pada 28 Mei 1964 dengan tujuan menyatukan berbagai kelompok Arab dan menciptakan Palestina yang merdeka di Israel.

Dikutip dari laman Director of National Intelligence (2014), Hamas dibentuk pada awal intifadah atau perlawanan Palestina yang pertama.

Kelompok militan ini didukung oleh Syiah Iran dan menganut ideologi Islam Ikhwanul Muslimin yang didirikan di Mesir pada 1920-an.

Hamas memiliki sayap militer, dikenal sebagai Brigade Izz al-Din al-Qassam yang telah melakukan banyak serangan anti-Israel di wilayah Israel dan Palestina sejak 1990-an.

Serangan-serangan tersebut termasuk pemboman skala besar terhadap sasaran sipil Israel, serangan senjata kecil, bahan peledak rakitan di pinggir jalan, serta serangan roket.

Baca juga: 7 Pasukan Khusus Terbaik di Dunia, Ada dari AS, Israel, dan Perancis

Rekam jejak kelompok Palestina Hamas

Kelompok Hamas mencirikan aktivitas bersenjatanya sebagai perlawanan terhadap pendudukan Israel, dikutip Reuters, Sabtu.

Kelompok ini telah menguasai Jalur Gaza sejak 2007 setelah perang saudara singkat dengan pasukan yang setia pada gerakan nasionalis sekuler pimpinan Presiden Mahmoud Abbas yang berbasis di Tepi Barat, Fatah.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com