Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Media Asing soal Peresmian Kereta Cepat Jakarta-Bandung "Whoosh"

Kompas.com - 02/10/2023, 18:45 WIB
Diva Lufiana Putri,
Farid Firdaus

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kereta cepat Jakarta-Bandung atau kereta api (KA) cepat Whoosh telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini, Senin (2/10/2023).

Dilansir dari Kompas.com, Senin, peresmian yang berlangsung di Stasiun Halim, Jakarta Timur ini turut dihadiri sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju.

Saat memberikan sambutan, Jokowi mengatakan, kereta cepat Jakarta-Bandung adalah kereta cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara.

Dengan kecepatan hingga 350 kilometer per jam, kereta ini melesat menghasilkan suara khas berkecepatan tinggi, sehingga dinamakan Whoosh.

Nama Whoosh juga merupakan kependekan dari waktu hemat, operasi optimal, serta sistem hebat.

"Dengan mengucap bismillah, kereta cepat Jakarta-Bandung Whoosh saya nyatakan dioperasikan," kata Jokowi saat meresmikan KA Cepat Whoosh.

Menjadi kereta cepat pertama di kawasan Asia Tenggara, peresmian ini pun menarik perhatian sejumlah media asing.

Lantas, apa kata media asing soal peresmian kereta cepat di Indonesia?

Baca juga: Link Live Streaming Peresmian Kereta Cepat Jakarta Bandung


1. CNN

Media asal Amerika Serikat, CNN, melaporkan peresmian kereta cepat dengan judul "Dengan bantuan China, Indonesia meluncurkan kereta cepat pertama di Asia Tenggara".

Paragraf pertama menuliskan, Indonesia telah meluncurkan kereta cepat pertama di Asia Tenggara yang akan menghubungkan dua kota terbesar.

Dibuka untuk umum mulai Senin, peresmian dihadiri Presiden Joko Widodo, ibu negara Iriana, serta beberapa kabinet menteri.

CNN melanjutkan, proyek senilai 7,3 miliar dollar AS ini merupakan bagian dari inisiatif infrastruktur Belt and Road China.

"Dan sebagian besar didanai oleh perusahaan milik negara China, dibuka untuk umum pada Senin setelah serangkaian penundaan dan kemunduran," tulisnya.

Baca juga: Kereta Cepat Diresmikan Hari Ini: Harga dan Cara Pesan Tiketnya

2. BBC

Media asal Britania Raya, BBC, turut memberitakan peresmian kereta cepat oleh Presiden Jokowi pada hari ini.

Melalui artikel bertajuk "China Belt and Road: Indonesia opens Whoosh high-speed railway", BBC menyebutkan bahwa Indonesia meresmikan kereta cepat pertama dengan dukungan China.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com