Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Hewan yang Berubah Warna Menjadi Putih Saat Musim Dingin

Kompas.com - 06/09/2023, 08:45 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Tidak hanya manusia yang mengubah kebiasaan ketika memasuki musim dingin, seperti menyesuaikan jenis pakaian, beberapa hewan juga melakukan hal serupa.

Namun, yang mereka lakukan bukanlah mengganti pakaian dengan yang lebih hangat, melainkan mengubah warna bulu. Hewan-hewan ini sebagian besar berasal dari daerah Arktik.

Ketika suhu turun dan memasuki musim dingin bersalju, beberapa hewan menukar bulu musim panas mereka yang kusam dengan warna putih.

Baca juga: 6 Hewan Paling Lama Hidup di Bumi, Ada yang Bertahan Lebih dari 2.000 Tahun


Berikut ini adalah beberapa hewan yang berubah warna menjadi putih saat musim dingin:

1. Rubah Arktik

Rubah Arktik juga dikenal sebagai rubah putih karena memiliki kecenderungan berkamuflase di daerah bersalju Arktik pada musim dingin.

Dilansir dari laman Encyclopedia Britannica, rubah Arktik (Vulpes lagopus) biasanya berwarna abu-abu kecoklatan di musim panas dan menjadi putih salju di musim dingin.

Namun beberapa populasi pesisir di Alaska dan Kanada berwarna abu-abu dan hanya sedikit lebih terang selama musim dingin.

Selama musim panas, rubah Arktik berwarna abu-abu kecoklatan dan memungkinkannya bersembunyi di warna tanah. Saat musim dingin, mereka menggantinya dengan bulu putih.

Baca juga: 9 Hewan Terbesar di Dunia, Beratnya Ada yang Mencapai 190 Ton

2. Hamster Siberia

Ilustrasi siberian hamster, salah satu hewan yang berubah warna menjadi putih saat musim dingin.iStockphoto/Vichai Phububphapan Ilustrasi siberian hamster, salah satu hewan yang berubah warna menjadi putih saat musim dingin.

Hamster Siberia (Phodopus sungorus), akan berubah warna dari warna abu keperakan menjadi sebagian besar putih jika disimpan di ruangan yang menerima cahaya alami.

Mereka juga dikenal sebagai winter white dwarf hamster, karena pada musim dingin bulunya yang tebal dan bergaris berwarna abu-abu tua digantikan oleh bulu putih.

Mereka berasal dari ladang gandum di Kazakhstan, padang rumput Mongolia, Siberia, dan tegakan pohon birch di Manchuria.

Mereka populer sebagai hewan peliharaan di Eropa dan Amerika Utara karena merupakan jenis hamster yang paling mudah dijinakkan.

Baca juga: 10 Spesies Hewan yang Paling Banyak di Dunia, Apa Saja?

3. Ptarmigan

Ptarmigan termasuk dalam genus burung yang berkerabat dengan belibis, ayam, dan burung pegar. Mereka menukar bulu coklat bergerigi mereka dengan bulu putih.

Ada tiga spesies ptarmigan yang melakukannya, yakni ptarmigan ekor putih (Lagopus leucura) berubah warna menjadi putih seluruhnya.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com