Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hewan Populer yang Terancam Punah, Ada Orang Utan dan Panda

Kompas.com - 30/05/2023, 09:15 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Ada banyak sekali hewan yang ada di dunia ini dari berbagai macam jenis maupun spesies.

Setiap spesies memiliki jumlah yang bervariasi, mulai dari hewan ternak yang jumlahnya tidak terhitung, hingga spesies hewan langka yang dilindungi karena terancam punah.

Meski sebenarnya kepunahan dapat terjadi secara alami, namun ada sejumlah faktor yang menyebabkan beberapa hewan sulit berkembang biak hingga akhirnya terancam punah.

Baca juga: 7 Hewan yang Paling Lama Hidup di Bumi

Dikutip dari laman Badan Survei Geologi Amerika Serikat USGS, tingkat kepunahan tumbuhan dan hewan saat ini jauh lebih tinggi daripada tingkat alami atau sejarah.

Hilangnya habitat menjadi penyebab utama yang mempengaruhi tingkat kepunahan yang lebih tinggi.

Faktor lainnya termasuk perubahan habitat, eksploitasi satwa liar secara berlebihan untuk tujuan komersial, masuknya spesies asing yang berbahaya, polusi, dan penyebaran penyakit.

Baca juga: 5 Hewan Paling Mematikan bagi Manusia

Dilansir Britannica, berikut 7 hewan populer yang sangat dilindungi karena terancam punah:

1. Orang utan

ilustrasi orang utan, salah satu hewan yang terancam punah.iStockphoto/KatePhotographer ilustrasi orang utan, salah satu hewan yang terancam punah.

Orang utan (Pongo pygmaeus) menjadi salah satu hewan yang terancam punah, sehingga sangat dilindungi keberadaannya.

Sebagian besar karena penebangan hutan tempat mereka tinggal dan penangkapan untuk perdagangan hewan peliharaan eksotis.

Mereka unik karena memiliki kemampuan kognitif yang canggih dan cenderung sangat manusiawi. Sama seperti gorila dan simpanse, orang utan diketahui dapat menggunakan alat.

Habitat orang utan terbatas di pulau Kalimantan dan Sumatra. Tidak seperti kera besar lainnya, mereka biasanya menyendiri atau hidup berkelompok kurang dari tiga ekor.

Baca juga: 10 Ular Paling Mematikan di Dunia

2. Gorila

Ada dua spesies gorila, yakni gorila timur (Gorila beringei) dan barat (Gorila gorila), atau tiga subspesies, gorila dataran rendah timur, dataran rendah barat, dan gorila gunung.

Namun, sangat disayangkan bahwa, semua spesies gorila tersebut terancam punah. Mungkin hanya ada sekitar 220.000 yang tersisa di alam liar.

Perambahan habitat dan perburuan untuk daging hewan liar hingga jimat magis telah menjadi faktor yang menyebabkan kurangnya populasi gorila.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com