Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita di AS Alami Stroke Usai Naik Wahana Permainan di Pekan Raya

Kompas.com - 04/09/2023, 18:30 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seorang wanita asal West Virginia, Amerika Serikat berusia 37 tahun mengalami stroke setelah menaiki wahana permainan di sebuah pekan raya.

Kasus yang menimpa wanita tersebut adalah satu dari 20 kasus stroke yang pernah tercatat yang disebabkan oleh aktivitas di taman hiburan di seluruh dunia.

Lantas, bagaimana kronologinya?

Baca juga: Kesetiaan Wakiman, Tak Tinggalkan Istri yang Stroke Saat Gempa Bantul, Pasrah Mati Bersama


Kronologi kejadian

Dilansir dari Dailymail, Jumat (1/9/2023), awal mula wanita tersebut mengalami stroke ketika ia menaiki salah satu wanaha permainan berputar.

Di tengah permainan, wanita itu mengalami sakit kepala dan kehilangan kendali atas otot-otot di sisi kanan tubuhnya. Selain itu, setelah keluar dari wanaha permainan itu, ia juga kesulitan untuk berjalan dengan baik.

Suaminya kemudian segera membawanya ke unit gawat darurat dan dokter mendiagnosisnya menderita vertigo.

Vertigo adalah kondisi di mana seseorang mengalami masalah pada telinga bagian dalam atau bagian otak yang menyebabkan pusing.

Ia kemudian dipulangkan ke rumah dengan resep obat antimual. Namun, dua hari kemudian gejalanya terus berlanjut dan dia dibawa kembali ke rumah sakit.

Memiliki riwayat darah tinggi

Menurut jurnal Cureus yang diterbitkan pada 26 Agustus 2023, para dokter yang terlibat dalam kasus ini, menemukan bahwa detak jantung dan laju pernapasan wanita tersebut telah melonjak.

Selain itu, wanita tersebut ternyata juga memiliki tekanan darah tinggi.

Dokter kemudian melakukan pemindaian CT scan pada otaknya dan menunjukkan bahwa ia memiliki area jaringan mati di dekat arteri yang menyuplai sisi kanan otak kecil.

Lokasi itu bagian dari otak yang mengatur gerakan otot dan mengontrol keseimbangan. Sehingga, ini menunjukkan bahwa wanita tersebut mengalami stroke.

Baca juga: Bisa Menyerang Usia di Bawah 45 Tahun, Kenali Penyebab dan Gejala Stroke di Usia Muda!

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com