Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baju Adat Jokowi dalam Upacara HUT RI dari Tahun ke Tahun

Kompas.com - 17/08/2023, 12:15 WIB
Aditya Priyatna Darmawan,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Setiap menjadi Inspektur Upacara dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Presiden Joko Widodo atau Jokowi selalu memakai baju adat.

Dikutip dari Kompas.com (17/8/2023), Jokowi mengenakan baju adat yang berbeda-beda tiap tahunnya dan sudah dilakukan sejak 2017 silam.

Sedangkan dua tahun sebelumnya selama menjabat sebagai presiden dalam pelaksanaan upacara yakni pada 2015 dan 2016, Jokowi masih mengenakan pakaian formal berupa jas.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Berikut penjelasan baju adat yang pernah dipakai Jokowi ketika menghadiri Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI:

1. Baju adat khas Tanah Bambu (2017)

Presiden Joko Widodo menyalami tamu undangan yang hadir di Istana untuk memperingati HUT RI ke 72 di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2017).KOMPAS.com/IHSANUDDIN Presiden Joko Widodo menyalami tamu undangan yang hadir di Istana untuk memperingati HUT RI ke 72 di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2017).

Upacara HUT ke-72 RI di Istana Merdeka pada 17 Agustus 2017, menjadi momentum pertama Presiden Jokowi mengenakan baju adat.

Presiden mengenakan pakaian adat khas Tanah Bumbu, Batulicin, Provinsi Kalimantan Utara, saat menghadiri upacara kala itu.

Baju yang dikenakan terdiri dari jas berwarna hitam, ditambah kain songket, dan penutup kepala.

2. Baju adat dari Aceh (2018)

Presiden Joko Widodo mengenakan baju adat Aceh saat peringatan HUT RI ke-73 di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (17/8/2018).KOMPAS.com/Ihsanuddin Presiden Joko Widodo mengenakan baju adat Aceh saat peringatan HUT RI ke-73 di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (17/8/2018).

Pada upacara HUT ke-73 RI pada 17 Agustus 2018, Jokowi mengenakan pakaian adat yang berbeda dari sebelumnya, yakni baju adat dari Aceh.

Baju adat tersebut terdiri dari dari penutup kepala yang disebut kupiah meukeutop, terbuat dari kain tetron berwarna merah, hijau, kuning, dan hitam.

Untuk atasannya yang bernama bajee, Jokowi memilih warna hitam berlengan panjang, dilengkapi dengan hiasan sulaman kasab di ujung lengan.

Baca juga: Kenapa Detik-detik Proklamasi Dimulai Pukul 10.00 WIB?

3. Baju adat dari Klungkung, Bali (2019)

Presiden Joko Widodo berdama Jan Ethes menyapa wartawan sebelum upacara peringatan HUT RI ke-74KOMPAS.com/Rakhmat Nur Hakim Presiden Joko Widodo berdama Jan Ethes menyapa wartawan sebelum upacara peringatan HUT RI ke-74

Saat memipin upacara HUT ke-74 RI pada 17 Agustus 2019, Jokowi memakai baju adat khas Klungkung dari Bali.

Baju yang dikenakan berwarna hitam dengan motif cokelat, dipadu dengan kain sebagai bawahan dan tutup kepala.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com