Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolehkah Pindah Tempat Duduk di Pesawat?

Kompas.com - 21/07/2023, 19:00 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Farid Firdaus

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penumpang pesawat yang tidak mendapatkan tempat duduk yang diinginkan kadang akan meminta bertukar kursi dengan penumpang lain.

Contohnya, ganti kursi ke dekat jendela atau pindah agar duduk di sebelah keluarga.

Hal tersebut salah satunya dialami oleh Tammy Nelson, seorang CEO merek perhiasan global, CONQUERing.

Nelson bahkan membuat video saat ia diminta pindah oleh penumpang pesawat lain. Video yang tayang pada Senin (10/7/2023) itu kemudian viral di TikTok.

@myconquering Having had only 90 minutes of sleep the night before and knowing I had to give a presentation to 500 people, I desperately needed some sleep, so I did not agree to switch seats. ????‍?? Before anyone comes after me… the kids looked like they were about 11 and 15 years old. And the mom was in arms-reach of both of them from the middle seat in the row behind us. The mom proceeded to complain for at least 15 minutes to the person next to her loud enough for me to hear. But the woman actually defended me – several times. It was so kind and I appreciated it so much because I was feeling really guilty. ????‍?? ##airplaneseat##seatswitching##airplanekarens ? original sound - MyCONQUERing

Diberitakan The Independent (18/7/2023), dia akan terbang dengan maskapai Delta Airlines dari Cincinnati, Ohio ke San Jose, California, Amerika Serikat.

Namun, seorang wanita asing meminta Nelson pindah kursi agar wanita itu dapat duduk di samping kedua anaknya.

“Ketika saya memastikan bahwa saya sedang melihat kursi yang benar, saya pikir dia pasti salah duduk di kursi yang salah. Jadi saya berkata, 'Maaf tapi sepertinya Anda duduk di kursi saya', berpikir dia akan menyadarinya dan pindah," kata Nelson.

Nelson kemudian menolak pergi dari tempat duduknya. Ia mengaku sering mabuk perjalanan jika tidak melihat ke luar jendela dan kurang tidur pada malam harinya. 

"Oh, baiklah, saya hanya berpikir kita bisa bertukar karena ini adalah anak-anak saya," kata wanita itu kepada Nelson.

Hingga Jumat (21/7/2023), videonya tayang sebanyak 2,9 juta kali, disukai 75.100 pengguna, dan mendapatkan 6.272 komentar.

Lalu, bolehkah penumpang berganti tempat duduk atau pindah kursi di pesawat?

Baca juga: Ramai soal Sayap Pesawat Ditambal Perekat Mirip Lakban, Amankah untuk Terbang?


Penjelasan pakar

Dekan Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) Institut Teknologi Bandung (ITB), Tatacipta Dirgantara menjelaskan, penumpang pesawat diimbau untuk tidak pindah dari tempat duduk sesuai tiket yang telah dibelinya.

"Sebetulnya (sebaiknya tidak pindah tempat duduk) demikian," ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (21/7/2023).

Tata mengungkapkan, hal ini untuk memastikan identitas penumpang pesawat sesuai posisi duduknya apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.

"Posisi duduk dicatat di manifest. Jika terjadi kecelakaan maka salah satu cara identifikasi penumpang adalah posisi duduk," jelasnya.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com