Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raih Juara Umum Kompetisi Paduan Suara di Italia, Ini Deretan Prestasi The Resonanz Children Choir

Kompas.com - 16/07/2023, 16:30 WIB
Alinda Hardiantoro,
Farid Firdaus

Tim Redaksi

KOMPAS.com - The Resonanz Children Choir kembali menorehkan prestasi di kancah internasional.

Kali ini, grup paduan suara anak-anak asal Indonesia itu meraih juara umum atau Grand Prix di kompetisi paduan suara Leonardo Da Vinci International Choral Festival di Kota Firenze, Italia yang digelar pada 11-14 Juli 2023.

Direktur Artistik TRCC Avip Priatna mengatakan, pencapaian The Resonanz Children Choir kali ini terasa spesial. Pasalnya, ini adalah prestasi ini diraih dalam ajang yang digelar secara luring.

"Ini adalah pertama kalinya angkatan ini mengikuti kompetisi di luar negeri. Kita semua bersyukur bahwa berkat kerja keras dan semangat yang luar biasa, dengan segala tantangan yang ada, anak-anak ini tetap dapat memberikan hasil yang maksimal," tuturnya, dilansir dari Antara.

Sebagai informasi, Leonardo a Vinci International Choral Festival merupakan kompetisi paduan suara tahunan di kota Firenze, Italia. Tahun 2023 menjadi edisi kelima kompetisi tersebut.

Baca juga: Juara Umum Leonardo Da Vinci International Choral Festival, Ini Daftar Lagu yang Dibawakan The Resonanz Childrens Choir

Deretan prestasi The Resonanz Children Choir

The Resonanz Children Choir bukan baru sekali mengharumkan nama Tanah Air.

Grup paduan suara itu sudah beberapa kali menorehkan prestasi baik di kancah nasional maupun internasional.

Dilansir dari Kompas.com (2022), The Resonanz Children Choir pertama kali meraih prestasi perdana di BICF 2012.

Setahun berikutnya, pada 2013 The Resonanz Children Choir menjadi juara umum dan memborong lima gelar sekaligus di kompetisi Choir of The World di Hongkong.

Pada 2014, The Resonanz Children Choir kembali memborong enam gelar di ajang 10th Cantemus International Choir Festival di Nyiregyhaza, Hongaria.

Torehan prestasi selanjutnya diraih pada 2015. The Resonanz Children Choir berhasil memboyong empat gelar dari The Golden Gate International Choral Festival di Berkeley, California, Amerika Serikat.

Pada 2016 ada dua gelar yang The Resonanz Children Choir cetak dari Claudio Monteverdi International Choral Festival and Competition di Venesia, Italia.

The Resonanz Children Choir cukup aktif pada 2017 dengan mengikuti Musica Eterna Roma International Festival & Competition di Roma, Italia sekaligus membawa tiga gelar juara.

Kemudian dari ajang 49th Tolosa Choral Contest di Tolosa, Spanyol, TRCC meraih tiga gelar.

Puncak prestasi mereka terjadi pada 2018 saat menjadi juara 1 European Grand Prix (EGP).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com