Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Hal Sederhana yang Bisa Anda Lakukan Saat Merasa Kesepian

Kompas.com - 13/07/2023, 10:45 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Kesepian adalah emosi umum yang kompleks dan unik yang bisa dialami oleh setiap manusia.

Karena tidak ada penyebab tunggal yang sama pada setiap orang, mencegah dan mengobati kondisi kesepian bisa sangat bervariasi.

Baca juga: 5 Cara Alami untuk Mengurangi Rasa Cemas, Praktis dan Mudah Dilakukan

Kesepian sendiri tidak melulu tentang sendirian. Misalnya, Anda bisa saja merasa kesepian meskipun dikelilingi oleh orang banyak.

Kesepian ditandai dengan perasaan terasing meskipun menginginkan interaksi sosial. Sedangkan kesendirian lebih bersifat sukarela.

Orang-orang yang menikmati menghabiskan waktu sendiri terus menjaga hubungan sosial yang positif. Sehingga mereka dapat kembali ketika mereka menginginkan koneksi.

Baca juga: Waspada, Kenali 7 Ciri Kucing Peliharaan Merasa Kesepian Berikut Ini


Lantas, apa yang haru dilakukan ketika merasa kesepian?

Tips mengatasi rasa kesepian

Berikut beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan saat merasa kesepian.

1. Merangkai ulang

Dilansir dari Healthline, mengonstruksi ulang makna kesepian akan memberikan pemahaman berbeda tentang arti menyendiri, sehingga memudahkan Anda menavigasi perasaan sepi.

Misalnya, beberapa waktu sendiri yang berkualitas juga penting, karena menciptakan kesempatan untuk penemuan diri, pemikiran kreatif, dan introspeksi diri.

2. Belajar bersyukur

Mungkin sulit untuk memperhatikan hal-hal positif saat Anda kesepian, Tetapi meluangkan beberapa menit untuk belajar bersyukur setiap hari dapat membantu Anda merasa lebih baik.

Mempraktikkan rasa syukur bisa sesederhana memikirkan hal kecil yang Anda nikmati baru-baru ini, seperti mengobrol dengan teman atau mengonsumsi makanan enak.

Baca juga: 6 Cara Sederhana untuk Mengatasi Toxic Positivity, Apa Saja?

3. Berinteraksi dengan teman

Tidak harus bertemu, melakukan panggilan telepon biasa atau video call selama beberapa menit dapat membantu meredakan kesepian.

Sebuah penelitian pada 2021 menunjukkan bahwa interaksi virtual, terutama terhubung dengan banyak orang, dapat membantu mengurangi kesepian dan bermanfaat bagi kesehatan mental.

4. Maksimalkan interaksi

Kualitas interaksi Anda seringkali lebih penting daripada jumlahnya. Bagaimana Anda menghabiskan waktu dengan orang lain juga dapat membuat perbedaan besar.

Terkadang, Anda mungkin hanya membutuhkan interaksi bersama teman dan merasa senang menonton film atau bekerja bersama mereka.

Baca juga: 7 Kebiasaan Sederhana untuk Melatih Kesabaran

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com