Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kebiasaan Positif yang Membuat Anda Lebih Menghargai Hal-hal Kecil

Kompas.com - 12/07/2023, 17:45 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Banyak orang yang menantikan hal-hal besar dalam hidup mereka, seperti lulus sekolah, mulai bekerja, menikah, dan lain-lain.

Namun kadang mengabaikan hal-hal kecil yang terjadi seperti, Anda bisa bangun di pagi hari dengan sehat, atau bisa makan malam bersama keluarga di rumah.

Padahal, menghargai dan menikmati hal-hal kecil akan memberi Anda apresiasi terhadap kehidupan secara umum.

Baca juga: 6 Cara Sederhana untuk Mengatasi Toxic Positivity, Apa Saja?

Dilansir dari laman Neuroscience News, menghargai keindahan dalam hal-hal kecil di kehidupan sehari-hari dapat berkontribusi pada keberadaan yang lebih bermakna.

Orang-orang yang menghargai hal-hal kecil, dianggap cenderung memiliki rasa akan makna hidup yang tinggi.

Itu bisa dalam bentuk menghargai hal-hal kecil, seperti secangkir kopi di pagi hari atau menikmati dan berhati-hati dalam percakapan dengan orang lain.

Menghargai dan menemukan nilai dalam pengalaman atau apresiasi pengalaman, adalah salah satu jalur fundamental untuk menemukan makna dalam hidup.

Baca juga: 7 Kebiasaan Sederhana untuk Melatih Kesabaran

Sebuah penelitian mengukur hal ini dengan menanyakan kepada peserta seberapa kuat mereka mengidentifikasi menggunakan pernyataan yang terkait dengan menemukan keindahan dalam hidup dan menghargai berbagai macam pengalaman.

Mereka juga diminta mengingat peristiwa paling bermakna dalam sebulan terakhir, di antara pertanyaan lainnya, dengan tujuan mengukur apresiasi pengalaman.

Hasilnya bahwa menghargai momen kecil dapat membuat hidup seseorang menjadi lebih bermakna.

Baca juga: Mengenal Gangguan Kecemasan dan Cara Sederhana Mengatasinya

Tips sederhana menikmati hal-hal kecil

Ilustrasi tips sederhana agar lebih menghargai hal-hal kecil.iStockPhoto/FreshSplash Ilustrasi tips sederhana agar lebih menghargai hal-hal kecil.

Dilansir dari laman Healthline, berikut sejumlah kebiasaan positif yang dapat membuat Anda lebih menghargai dan menikmati hal-hal kecil:

1. Hargai kesenangan kecil

Anda mungkin sudah sering mendengar nasihat untuk “menikmati hal-hal kecil”. Namun, itu adalah nasihat baik, jangan menganggapnya sebagai sebuah klise.

Menurut studi tahun 2012, meluangkan waktu untuk menghargai kesenangan hidup, betapapun kecilnya, dapat meningkatkan kepuasan, bahkan ketika segalanya tidak berjalan seperti yang Anda harapkan.

Emosi positif yang Anda alami saat menikmati kegembiraan kecil dalam hidup dapat bermanfaat bagi kesehatan dan mengurangi stres.

Baca juga: 5 Cara Alami untuk Mengurangi Rasa Cemas, Praktis dan Mudah Dilakukan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com