Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbandingan TikTok Music, Spotify, Apple Music, dan YouTube Music: Mana yang Terbaik?

Kompas.com - 08/07/2023, 12:00 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahaan Bytedance yang menaungi aplikasi media sosial TikTok resmi meluncurkan layanan streaming musik bernama TikTok Music di pasar Indonesia, Kamis (6/7/2023).

TikTok Music merupakan aplikasi yang memungkinkan penggunanya mendengarkan lagu atau musik secara online.

Sebelum TikTok Music rilis, publik telah mengenal aplikasi serupa lainnya seperti Spotify, Apple Music, dan YouTube Music.

Lalu, seperti apa perbandingan antara TikTok Music, Spotify, Apple Music, dan YouTube Music?

Baca juga: Tarif Langganan Spotify Premium dengan Pulsa Telkomsel, Paling Murah Rp 6.300


Gratis dan berbayar

Dilansir dari Kompas.com, Kamis (7/7/2023), TikTok Music memberikan layanan pemutaran musik yang tidak bisa dinikmati secara gratis. Hal yang sama juga dimiliki oleh Apple Music.

Sementara pengguna Spotify dan YouTube Music masih dapat menikmati lagu favorit secara gratis meski harus mendengarkan iklan di antara lagu.

Untuk biaya berlangganan, Bytedance mematok layanan TikTok Music seharga Rp 44.900 per bulan bagi Android dan iOS Rp 49.000 per bulan untuk Paket Individu.

Biaya berlangganan Rp 24.500 per bulan berupa Paket Pelajar dan Rp 79.000 per bulan untuk Paket Keluarga dengan maksimal 6 akun.

Biaya langganan Apple Music berkisar antara Rp 35.000/bulan untuk pelajar, Rp 55.000/bulan untuk perorangan, dan Rp 85.000/bulan untuk 6 akun dalam paket keluarga.

Sementara itu, Spotify menyediakan paket berlangganan yang lebih banyak meskipun lagu di aplikasi tersebut masih dapat dinikmati secara gratis.

Paket yang ditawarkan mulai dari Rp 2.500/hari khusus untuk 1 hp, paket individual seharga Rp 54.990 untuk dua bulan pertama dan harga yang sama di bulan berikutnya, paket duo seharga Rp 71.490, serta paket keluarga untuk 6 akun sebesar Rp 86.900.

Google mematok harga berlangganan YouTube Music Premium sebesar Rp 49.000 per bulan serta Rp 24.990 untuk paket pelajar dengan gratis akses di tiga bulan pertama.

Baca juga: Cara Download Lagu di iTunes atau Apple Music

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com