Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Unggahan Driver Ojol Bisa Kasih Rating Pelanggan, Benarkah?

Kompas.com - 21/06/2023, 12:15 WIB
Alinda Hardiantoro,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Unggahan yang mempertanyakan driver ojek online (ojol) bisa kasih rating kepada pelanggan viral di media sosial, Twitter.

Cuitan itu diunggah oleh akun ini pada Jumat (16/6/2023).

"Baru tau ternyata custumerpun ada ratingnya, kalau ratingnya jelek, itu bakal susah gak sih dapat driver?" tulis akun tersebut.

Twit itu bermula dari video yang diunggah salah satu mitra ojek online Gojek yang mengaku mendapat customer dengan rating di bawah standar.

Baca juga: Ramai soal Driver Gojek yang Ditangkap karena Mengantarkan Pesanan Madu Anggur, Ini Penjelasan Polisi

Hal itu menimbulkan pertanyaan warganet apakah para driver ojol bisa memberi rating ke pelanggan.

Pasalnya, selama ini, pemberi rating diketahui hanya bisa dilakukan oleh pelanggan. Mereka bisa dengan bebas memberi rating dengan skor bintang 1-5 untuk menilai pelayanan driver ojol.

Hingga Rabu (21/6/2023), twit tersebut telah dikomentari 191 warganet, dibagikan kembali sebanyak 192 kali, dan disukai 1.887 pengguna Twitter.

Baca juga: Gojek Luncurkan Layanan Baru GoSend Car Instant dan GoBox Van dengan Ongkir Mulai Rp 26.000, Apa Kelebihannya?

Respons warganet

Sejumlah warganet mengaku baru mengetahui bahwa driver ojol juga bisa memberikan penilaian kepada penumpang mereka.

"Sumpah baru tau kalo cust ada ratingnya jg. Mana kadang suka lupa ngasih bintang. tapi selama ini baik² aja sih, orderan gue lancar terus. terus kadang suka ngasih uang lebihan meskipun bayarnya gk dari gopay. biar uang gopay gue gk berkurang makanya ngasih bonusnya cash aja," tulis akun ini

"Gue udah tau sejak ngga sengaja liat rating akun gue sendiri di hp amang ojol nya, ternyata costumer juga kena rating. Untungnya rating akun gue 4,8," kata warganet lain

"Gimana caranya bisa liat tanpa harus tanya ke driver gojek? Aku pngen liat juga," ucap pengguna Twitter ini

Berdasarkan pantauan Kompas.com, pengguna aplikasi ojek online tidak bisa melihat rating mereka. Rating pelanggan hanya bisa terlihat dari aplikasi mitra ojek online itu sendiri.

Lantas, benarkah driver ojo bisa kasih rating ke pelanggan?

Baca juga: Cara Daftar Driver Gojek, Berikut Syarat dan Prosedurnya

Penjelasan gojek

Para pengemudi ojek online di di Shelter Gojek Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (13/1/2023). KOMPAS.COM/ZINTAN PRIHATINI Para pengemudi ojek online di di Shelter Gojek Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (13/1/2023).

SVP Corporate Affairs Gojek Rubi W Purnomo membenarkan bahwa aplikasi ojek online Gojek memberikan fitur penilaian pelanggan.

Fitur tersebut memungkinkan driver untuk memberi rating kepada penumpang mereka.

"Untuk mendukung kenyamanan dan keamanan mitra driver dan customer, sejak 2018 Gojek memiliki fitur rating customer," ujarnya, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (20/6/2023).

Rubi menjelaskan, fitur tersebut menjadi bagian di dalam aplikasi Gojek yang dapat digunakan oleh mitra driver dan customer untuk memberikan masukan dua arah.

Namun, saat ditanya mengenai dampak pelanggan yang mendapat rating buruk dari driver, Rubi enggan menjelaskan lebih lanjut.

Baca juga: Cara Daftar Driver ShopeeFood dan Syarat Terbaru 2021

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com