Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Sederhana Mengatasi Tekanan Darah Rendah Saat Hamil

Kompas.com - 06/06/2023, 11:45 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Kondisi hipotensi atau tekanan darah rendah selama kehamilan adalah sesuatu yang normal, khususnya pada trimester pertama dan kedua kehamilan.

Tekanan darah rendah selama kehamilan biasanya tidak menyebabkan masalah kesehatan yang signifikan, dan kebanyakan wanita dapat mengatasinya sendiri di rumah.

Namun, tekanan darah rendah parah dapat menimbulkan risiko menyebabkan gejala yang mengganggu, seperti pusing, mual, kelelahan, dan lain-lain.

Baca juga: 9 Gejala Tekanan Darah Rendah Saat Kehamilan, Apa Saja?


Penyebab darah rendah saat hamil

Dilansir Healthline, penurunan tekanan darah pada ibu hamil umum terjadi selama 24 minggu pertama kehamilan.

Ini bisa disebabkan oleh sistem peredaran darah dan perubahan hormonal yang menyebabkan pembuluh darah melebar untuk membiarkan darah mengalir ke rahim.

Kehamilan juga menyebabkan banyak perubahan karena tubuh wanita beradaptasi dengan upaya yang diperlukan untuk melahirkan bayi.

Baca juga: 4 Jenis Makanan yang Baik untuk Penderita Darah Rendah, Apa Saja?

Tekanan darah sedikit berubah tergantung pada tingkat energi, kegugupan, gaya hidup, dan tingkat stres sang ibu. Tekanan darah juga bisa lebih tinggi atau lebih rendah.

Tekanan darah rendah terkait kehamilan biasanya akan hilang di akhir kehamilan atau segera setelah melahirkan.

Tips mengatasi darah rendah saat hamil

ilustrasi tips mengatasi tekanan darah rendah selama kehamilan.iStockPhoto/DjelicS ilustrasi tips mengatasi tekanan darah rendah selama kehamilan.

Dilansir Medical News Today, biasanya tidak ada perawatan medis untuk tekanan darah rendah selama kehamilan, tekanan darah umumnya akan kembali normal sekitar trimester ketiga kehamilan.

Namun, beberapa wanita yang mengalami tekanan darah rendah parah, mungkin akan memerlukan pengobatan. Jika demikian, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter.

Baca juga: Waspada, Ini 3 Faktor Utama yang Meningkatkan Risiko Tekanan Darah Rendah

Bagi Anda yang mengalami gejala darah rendah saat hamil, bisa mencoba beberapa tips pengobatan sederhana berikut untuk meringankan gejalanya:

1. Bergerak perlahan

Saat mengalami tekanan darah rendah selama kehamilan, penting untuk melakukan segala sesuatu secara perlahan.

Bangung pagi hari dengan perlahan atau bangun dari kursi atau sofa secara perlahan di siang hari dapat membantu mencegah pusing atau pingsan.

Ketika Anda merasa ingin pingsan, cobalah untuk duduk atau berbaring dengan lembut agar menghindari jatuh, lalu bernapas lah dengan teratur.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com