Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai soal Tagihan Listrik PLN Tiba-tiba Lebih Rendah dari Biasanya, Ada Diskon?

Kompas.com - 21/05/2023, 15:15 WIB
Diva Lufiana Putri,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lini masa Twitter ramai membahas tagihan listrik PLN yang jauh lebih rendah dari rata-rata bulan sebelumnya.

Bermula dari warganet Twitter ini yang menanyakan apakah PLN tengah memberikan diskon pembayaran listrik untuk bulan berjalan.

Sebab, dia mengaku menerima tagihan listrik pascabayar lebih murah daripada tagihan selama ini. Tampak dalam unggahan, pengunggah mendapat tagihan hanya sebesar Rp 10.166.

"Kaget banget liat tagihan bulan ini, ini lagi ada promo atau gimana ya?? Biasanya 100an, apa ada yang ngalamin kek gini juga?" tanya pengunggah, Sabtu (20/5/2023).

Menanggapi pengunggah, beberapa warganet mengatakan mengalami hal serupa. Di sisi lain, warganet juga menyarankan untuk lapor kepada PLN.

"Nderr sama banget yang biasanya tiap bulan 100ribu, kok pas semalem jadi setengahnya, aku sama bapaku sampe ngecek nomornya berapa kali takut salah," kata salah satu warganet.

"Kalo tagihan listrik gak wajar mending lapor, soalnya pln ini mau dia yang salah juga pasti dibebanin ke customer. Biasanya meteran error, nnti malah kamu didenda," kata warganet lain.

"Bisa lapor ke PLN tapi fotoin meteran listriknya dulu yang keliatan angka stan meter," tulis warganet lain.

Hingga Minggu (21/5/2023) siang, unggahan soal tagihan listrik ini telah menuai lebih dari 18 juta tayangan, 1.500 suka, dan 81 twit ulang dari pengguna Twitter.

Lantas, benarkah PLN tengah memberikan diskon atau promo? Apa yang harus dilakukan jika tagihan listrik pascabayar tiba-tiba lebih rendah?

Baca juga: Daftar Tarif Listrik Per KwH yang Berlaku Mulai April-Juni 2023


PLN tak mengadakan diskon

Saat dikonfirmasi, Executive Vice President Corporate Communication & TJSL PLN, Gregorius Adi Trianto menegaskan, tidak ada program diskon seperti dalam unggahan.

"Saat ini tidak ada program diskon pembayaran rekening listrik," kata dia kepada Kompas.com, Minggu (21/5/2023).

Oleh karenanya, menurut dia, apabila pelanggan menerima tagihan listrik yang dirasa janggal, dapat langsung melaporkan kepada PLN.

Laporan dapat dilakukan di aplikasi PLN Mobile maupun melalui contact center PLN di nomor 123.

"Ada menu pengaduan di aplikasi PLN Mobile dan informasi layanan lain," ujar Gregorius.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com