Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan dengan Menebar Garam, Ini Cara Tepat Mengusir Ular dari Dalam Rumah

Kompas.com - 30/04/2023, 19:15 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak terjadi kasus ular masuk ke wilayah permukiman dan bersarang di dalam rumah warga.

Terbaru, seorang warga Kelapa Gading, Jakarta Utara menemukan seekor ular sanca di lubang kloset kamar mandinya, Jumat (28/4/2023).

Dilansir dari Kompas.com, Sugima (45) menemukan ular berjenis sanca batik saat sedang BAB di kediamannya, Jalan Kompi Udin RT 006 RW 005, Pegangsaan Dua.

Untungnya, ular tersebut segera bisa ditangani oleh Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Utara.

Penemuan ular juga pernah terjadi pada Rabu (8/2/2023) di sebuah rumah beralamat di Kelurahan Sukahati, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Baca juga: Cara Mengusir Tikus dan Celurut secara Permanen


Alasan ular masuk rumah

Ular sanca batik atau sanca kembang atau reticulated python Ular sanca batik atau sanca kembang atau reticulated python
Ketua Taman Belajar Ular (Tabu) Indonesia Erwandi Supriadi mengungkapkan, ular bisa masuk ke dalam rumah karena sejumlah alasan.

"Semisal faktor cuaca seperti hujan dan banjir," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Minggu (30/4/2023).

Selain itu, menurutnya, kerusakan habitat asli ular juga dapat membuat reptil ini masuk ke dalam rumah warga.

Contohnya, saat ada pembangunan gedung bertingkat atau tempat tinggal, perusakan hutan, serta alih fungsi sempadan sungai.

Pria yang akrab disapa Elang ini menambahkan, eksploitasi yang dilakukan manusia pada hewan predator ular juga dapat menyebabkan ular berkembang semakin banyak. Ini karena ada mata rantai makanan yang terputus.

"Biawak terus diburu, burung hantu dan burung elang diperjualbelikan, bukan membiarkan mereka hidup bebas di alam," lanjut dia.

Menurut Elang, cara yang dapat dilakukan agar ular tidak masuk rumah adalah dengan menutup semua akses reptil itu dari dalam rumah.

Baca juga: 10 Cara Mengusir Ular dan Laba-laba yang Masuk ke Rumah

Cara mengusir ular

Ular sanca batikvia Reptaraium Ular sanca batik
Ahli Herpetologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Amir Hamidy menjelaskan, beberapa jenis ular memang bisa hidup di kota besar. Misalnya, jenis ular sanca atau kobra.

Mereka akan bertahan hidup di selokan dengan makan tikus. Reptil ini bisa mendeteksi mangsa melalui bau. Kalau rumah banyak tikus, ular kemungkinan besar akan masuk rumah karena mengikuti baunya.

Untuk mengusir ular, Amir menyatakan bahwa rumah harus dibersihkan dari tempat-tempat yang disukai reptil ini, seperti tempat yang gelap dan lembap.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com