Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Stratosfer, Lapisan Atmosfer Bumi yang Mencegah Radiasi Ultraviolet

Kompas.com - 06/04/2023, 08:15 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelubungi bumi, terdiri dari campuran berbagai gas, seperti nitrogen, oksigen, argon, dan sejumlah kecil gas lain.

Atmosfer terikat ke bumi akibat adanya gaya gravitasi, yang salah satu fungsinya adalah melindungi bumi dari radiasi ultraviolet (UV).

Atmosfer memiliki peran yang sangat penting dalam keberlangsungan hidup makhluk di bumi, karena berfungsi menghasilkan udara untuk bernafas.

Selain itu, atmosfer juga berfungsi menyerap panas untuk menjaga bumi tetap hangat, serta mencegah perbedaan suhu yang ekstrem antara siang dan malam.

Stratosfer adalah lapisan atmosfer yang paling dekat kedua setelah troposfer. Jaraknya sekitar 50 kilometer di atas permukaan bumi dengan ketebalan sekitar 35 kilometer.

Baca juga: Mengenal Kandungan dan Fungsi Atmosfer, Apa Saja?

Lapisan ozon di stratosfer

Mengutip laman NASA, stratosfer adalah lapisan atmosfer yang berada di antara troposfer dan mesosfer.

Di stratosfer, tidak ada badai atau turbulensi yang mencampur aduk udara, udara berat ada di bawah dan hangat, sedangkan udara ringan berada di atas.

Pada stratosfer ada lapisan ozon yang sangat penting, yang membantu melindungi makhluk hidup dari radiasi ultraviolet yang dihasilkan matahari.

Faktanya, lapisan ozon menyerap sebagian besar radiasi UV yang dikirimkan matahari kepada bumi.

Baca juga: 5 Lapisan Atmosfer, Paling Jauh Bisa Mencapai 10.000 Km di Atas Permukaan Bumi

Lapisan stratosfer lebih tenang

ilustrasi lapisan atmosfer bumi.spaceplace.nasa.gov ilustrasi lapisan atmosfer bumi.

Dilansir dari National Geographic, berbeda dengan troposfer cenderung keras dapat berubah secara tiba-tiba, lapisan stratosfer lebih tenang.

Meski ada angin horizontal yang kuat bertiup di stratosfer, tetapi hanya menghasilkan sedikit turbulensi. Oleh karena itu, pada lapisan ini masih cukup ideal untuk pesawat dapat terbang.

Stratosfer sangat kering dan jarang ada awan. Yang ada hanyalah awan yang membentuk tipis dan disebut awan nacreous.

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, lapisan stratosfer sangat penting untuk kehidupan di bumi karena mengandung sejumlah ozon, yakni bentuk oksigen yang mencegah radiasi UV yang berbahaya mencapai Bumi.

Wilayah di dalam stratosfer tempat lapisan tipis ozon ini ditemukan disebut lapisan ozon dan diketahui lapisan ini lebih tipis pada wilayah di dekat kutub.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com