Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Unggahan Sebut Malam Ini Ada Parade 5 Planet Sejajar, Benarkah?

Kompas.com - 27/03/2023, 18:45 WIB
Nur Rohmi Aida,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah unggahan yang menyebut bahwa malam ini (27/3/2023) dan besok (27/3/2023) akan ada fenomena 5 planet berjajar, viral di media sosial.

Unggahan tersebut diunggah oleh akun TikTok @j35line pada Minggu (26/3/2023).

"Peristiwa langka 5 planet sejajar akan muncul di akhir Maret. Peristiwa langka ini akan terjadi pada 27-28 Maret. Parade planet ini terdiri dari Merkurius, Jupiter, Venus, Mars dan Uranus. Planet2 akan sejajar sebelum pergantian bulan pada 28 Maret. Jika Anda keluar tepat saat Matahari terbenam dan melihat ke barat, anda akan melihat planet2 terbentang dalam garis yang memanjang sekitar 50 derajat," kata akun tersebut.

@j35line #planetsejajar #metoosmile #AQUAUVAirPower #fyp #tiktoktainment #xyz #fypage #xyzbca #fyp??viral ? Feel - Robbie Williams

Hingga Senin (27/3/2023) unggahan tersebut telah disukai lebih dari 134.000 kali, dan disukai lebih dari 5.000 orang.

Lantas benarkah malam ini dan besok 5 planet akan berjajar?

Penjelasan BRIN

Terkait hal tersebut Peneliti Pusat Sains Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Andi Pangerang membenarkan bahwa 27 -28 Maret 2023 akan ada beberapa planet yang sejajar.

"Ya betul, hari ini dan besok memang ada fenomena 5 planet sejajar, antara Merkurius, Jupiter, Venus, Mars, dan Uranus," kata Andi dihubungi Kompas.com (27/3/2023).

Ia juga mengatakan bahwa peristiwa ini akan bisa disaksikan dari arah barat, dan akan membentang sejauh 50 derajat.

Meski demikian ia menegaskan peristiwa ini tidak berkaitan dengan kejadian apapun di Bumi, dan hanya sebuah fenomena biasa yang bisa disaksikan di langit malam.

"Ini hanya fenomena kesejajaran biasa. Jadi meskipun di Bumi tampak 5 planet berjajar membentang dari barat ke arah utara, akan tetapi posisi mereka di ekliptika, atau bintang edar berbeda," ungkapnya.

Ia menjelaskan, untuk malam ini, Merkurius dan Jupiter akan tampak berdekatan atau konjungsi dalam satu garis. Sementara untuk Venus, Mars, dan Uranus tidak satu garis namun tetap tampak sejajar dengan planet lainnya jika dilihat dari Bumi

Menurutnya, malam ini Bulan juga akan berkonjungsi dengan Mars di arah utara, sehingga bisa disaksikan 5 planet terlihat akan berjajar bersama Bulan.

"Jadi ada 6 benda langit nampak sejajar," kata dia.

Fenomena ini menurutnya mulai bisa disaksikan sejak Matahari mulai tenggelam.

Baca juga: Fakta-fakta Menarik Merkurius, Planet Terdekat dengan Matahari

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com