Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Makanan yang Bisa Menyebabkan Jerawat, Apa Saja?

Kompas.com - 28/02/2023, 08:50 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jerawat adalah kondisi kulit umum yang mempengaruhi hampir semua kalangan, baik itu perempuan ataupun laki-laki.

Jerawat banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk produksi sebum dan keratin, bakteri penyebab jerawat, hormon, pori-pori tersumbat, dan peradangan.

Dikutip dari Healthline, penelitian terbaru menunjukkan bahwa diet dapat memainkan peran penting dalam perkembangan jerawat.

Ada beberapa makanan yang dapat memicu munculnya jerawat, berikut di antaranya:

Baca juga: Benarkah Jerawat Bisa Muncul di Area Kewanitaan? Begini Kata Dokter


Makanan penyebab jerawat

1. Karbohidrat olahan

Orang dengan jerawat cenderung mengonsumsi lebih banyak karbohidrat olahan daripada orang dengan sedikit atau tanpa jerawat.

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang rutin makan kue kering memiliki risiko 20 persen lebih besar. Peningkatan risiko ini dapat dijelaskan oleh efek karbohidrat olahan terhadap kadar gula darah dan insulin.

Karbohidrat olahan diserap dengan cepat ke dalam aliran darah, yang dengan cepat meningkatkan kadar gula darah.

Saat gula darah naik, kadar insulin juga naik untuk membantu memindahkan gula darah keluar dari aliran darah dan masuk ke sel Anda.

Baca juga: 10 Makanan Penyebab Kulit Berminyak dan Memicu Jerawat

2. Produk susu

Produk berbahan susu bisa membuat ketidakseimbangan hormon dan memicu jerawat.jcomp/ Freepik Produk berbahan susu bisa membuat ketidakseimbangan hormon dan memicu jerawat.
Banyak penelitian telah menemukan hubungan antara produk susu dan tingkat keparahan jerawat pada remaja.

Dua penelitian juga menemukan bahwa orang dewasa muda yang rutin mengonsumsi susu atau es krim memiliki kemungkinan empat kali lebih mungkin menderita jerawat. Namun, penelitian yang dilakukan sejauh ini belum berkualitas tinggi.

Penelitian hingga saat ini berfokus terutama pada remaja dan dewasa muda dan hanya menunjukkan korelasi antara susu dan jerawat, bukan hubungan sebab akibat.

Susu diketahui meningkatkan kadar insulin, terlepas dari pengaruhnya terhadap gula darah, yang dapat memperburuk keparahan jerawat.

Susu sapi juga mengandung asam amino yang merangsang hati untuk menghasilkan lebih banyak IGF-1, yang dikaitkan dengan perkembangan jerawat.

Baca juga: Benarkah Terlalu Banyak Makan Telur Bisa Picu Jerawat? Ini Penjelasan Dokter

3. Makanan cepat saji

Ilustrasi burger, salah satu makanan cepat saji yang sebenarnya bisa didantap secara lebih sehat. Rajesh TP Ilustrasi burger, salah satu makanan cepat saji yang sebenarnya bisa didantap secara lebih sehat.
Jerawat sangat terkait dengan pola makan gaya Barat yang kaya akan kalori, lemak, dan karbohidrat olahan.

Makanan cepat saji, seperti burger, nugget, hot dog, kentang goreng, soda, dan milkshake, merupakan makanan utama khas Barat dan dapat meningkatkan risiko jerawat.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com