Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Jenis Olahraga yang Dapat Membantu Menguatkan Paru-paru

Kompas.com - 09/03/2022, 05:50 WIB
Diva Lufiana Putri,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Olahraga tak hanya membuat tubuh menjadi bugar ataupun mengurangi lemak saja. Namun dengan berolahraga, kesehatan dan kekuatan organ tubuh seperti jantung dan paru-paru juga ikut meningkat.

Saat aktif secara fisik, jantung dan paru-paru akan bekerja lebih keras untuk memasok oksigen tambahan yang dibutuhkan otot. Hal ini akan membuat jantung dan paru-paru lebih kuat secara fungsi, sebagaimana dilansir dari American Lung Association.

Beberapa jenis olahraga juga dapat memperkuat otot-otot leher dan dada, termasuk otot diafragma dan otot antara tulang rusuk yang bekerja sama saat menghirup dan menghembuskan napas.

Masih dari American Lung Association, rekomendasi durasi aktivitas fisik berintensitas sedang untuk orang dewasa adalah 30 menit selama lima hari dalam seminggu.

Aktivitas fisik yang dimaksud tidak harus olahraga, tetapi bisa juga berjalan cepat, bersepeda rekreasi, berkebun, ataupun bersih-bersih rumah.

Berikut ini jenis olahraga yang dapat menyehatkan paru-paru: 

Baca juga: Makan Setelah Olahraga Apakah Bikin Olahraga Sia-sia?

1. Olahraga kardio atau aerobik

Jenis olahraga terbaik untuk menyehatkan paru-paru adalah olahraga aerobik atau yang disebut juga kardio.

Saat melakukan kardio, otot antara tulang rusuk akan membesar dan berkontraksi. Kemudian, kantung udara di dalam paru-paru bekerja dengan cepat untuk menukar oksigen dengan karbondioksida.

Itulah yang akan membuat paru-paru semakin sehat dan kuat secara fungsi. Semakin rutin melakukan kardio, semakin efisien pula kerja paru-paru.

Beberapa yang termasuk olahraga kardio atau aerobik adalah berjalan, berlari, jogging, bersepeda, lompat tali, dan berenang.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com