Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gangguan Internet dan Penjelasan Telkom soal Pembukaan Semua Channel IndiHome

Kompas.com - 30/09/2021, 07:05 WIB
Dandy Bayu Bramasta,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Vice President Marketing Management Telkom E Kurniawan angkat bicara terkait unggahan pembukaan channel IndiHome yang bagus-bagus dan ramai di media sosial baru-baru ini.

Menurutnya, pembukaan semua channel IndiHome tersebut merupakan bagian dari kompensasi atas kerugian gangguan jaringan fiber optik yang dialami pelanggan IndiHome pada Minggu (19/9/2021).

Adapun pembukaan semua channel atau all channel IndiHome TV itu diberikan mulai 26 September hingga 15 Oktober 2021.

"Untuk aktivasi pembukaan all channel, pelanggan hanya perlu melakukan restart STB (set top box)," ujarnya dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (28/9/2021).

IndiHome TV diketahui merupakan layanan televisi berbayar milik Telkom Indonesia yang harganya paketnya menyesuaikan dengan jumlah channel yang dipilih pelanggan.

Baca juga: Kronologi Gangguan Indihome dan Telkomsel Selama Beberapa Hari

Kompensasi lainnya

Selain pembukaan seluruh channel IndiHome, Telkom Indonesia juga memberikan penundaan pembayaran tagihan yang semula 20 September, menjadi 25 September serta menghilangkan denda keterlambatan pembayaran tagihan.

Kurniawan menambahkan, kompensasi tagihan yang diperoleh sesuai dengan service level guarantee setiap pelanggan dengan mempertimbangkan daerah yang terdampak.

Menurutnya, saat ini layanan IndiHome sudah 100 persen kembali normal.

Baca juga: Ramai soal Channel IndiHome yang Bagus-bagus Dibuka, Ada Apa?

Ilustrasi Kontrak Berlangganan IndiHome.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Ilustrasi Kontrak Berlangganan IndiHome.

Pihaknya menjelaskan, layanan TelkomGroup termasuk IndiHome sempat mengalami penurunan kualitas.

Hal ini hanya dirasakan di beberapa lokasi antara lain Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, dan kawasan Timur Indonesia.

Terkait dengan kondisi tersebut, Kurniawan menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan sekaligus terima kasih atas kepercayaan pelanggan selama ini.

"Sejak 20 September 2021, layanan IndiHome mulai membaik dan diberlakukan manajemen bandwidth yang diprioritaskan untuk kebutuhan WFH dan LFH," imbuh dia.

Baca juga: IndoXXI Resmi Tutup, Ini 6 Layanan Streaming Film Legal

Sebagaimana diketahui, gangguan internet IndiHome dan TelkomGroup terjadi hingga beberapa hari dari Minggu, 19 September hingga Rabu, 22 September 2021.

Akibat gangguan tersebut, kata Telkomsel bahkan sempat menjadi trending di Twitter pada Rabu (22/9/2021).

Bahkan pelaksanaan SKD CPNS di 42 titik lokasi yang berlangsung pada 20-21 September 2021 harus dijadwalkan ulang oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom Ahmad Reza mengungkapkan, penyebab gangguan jaringan Indihome dan Telkomsel karena gangguan sistem komunikasi kabel laut Jasuka (Jawa, Sumatera, dan Kalimantan) ruas Batam-Pontianak pada 19 September 2021 mulai sekitar pukul 17.33 WIB.

Gangguan tersebut berdampak pada penurunan kualitas layanan TelkomGroup baik fixed maupun mobile broadband di beberapa wilayah Indonesia.

Baca juga: Pelanggan IndiHome Dapat Ganti Rugi Gangguan Internet, Apa Saja?

(Sumber: Kompas.com/Dandy Bayu Bramasta, Nur Fitriatus Shalihah | Editor: Sari Hardiyanto)

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Perbandingan Tarif Internet PLN Iconnet, Indihome, Biznet, dan First Media

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com