Kompas.com - 25/09/2021, 05:58 WIB
Tangkapan layar situs Downdetector yang menampilkan grafik gangguan layanan IndiHome per Jumat (24/9/2021).
Downdetector/IndiHomeTangkapan layar situs Downdetector yang menampilkan grafik gangguan layanan IndiHome per Jumat (24/9/2021).
Penulis Farid Assifa
|

KOMPAS.com - Perseroan Terbatas (PT) Telkom Indonesia (Persero) Tbk akan memberikan ganti rugi kepada pelanggan menyusul adanya gangguan pada jaringan internet fiber optik.

Vice President Marketing Management Telkom, E Kurniawan menyebutkan, kompensasi tersebut sesuai dengan kontrak awal berlangganan sesuai dengan segmen pelanggan IndiHome.

Ia menyebutkan, ada beberapa jenis ganti rugi yang disediakan Telkom kepada pelanggan IndiHome, mulai penetapan tagihan hingga kebijakan bebas denda, serta pengunduran batas pembayaran hingga 25 September 2021.

Baca juga: Telkom Akan Beri Ganti Rugi ke Pelanggan IndiHome

"Bagi pelanggan IndiHome yang terdampak, tentu kami akan memberikan kompensasi sesuai dengan ketentuan pada kontrak berlangganan masing-masing pelanggan," ujar Kurniawan dalam keterangannya seperti dikutip pada Jumat (24/9/2021).

Sebelumnya, internet IndiHome mengalami gangguan dan kejadian itu merata di sejumlah titik di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Gangguan itu disebabkan oleh masalah pada kabel bawah laut Jawa Sumatera dan Kalimantan (Jasuka), tepat di ruas Batam-Ponianak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain menyebabkan kapasitas jaringan IndiHome down, masalah itu juga mengakibatkan internet pada operator Telkomsel terganggu.

"Gangguan teridentifikasi berasal dari titik sekitar 1,5 km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter di bawah permukaan laut," kata Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono, dalam pernyataan resmi.

Baca juga: Ini 3 Jenis Ganti Rugi Telkom untuk Pelanggan IndiHome

Menurut Pujo, Telkom sedang berusaha untuk memperbaikinya. Namun proses perbaikan bisa berlangsung selama sebulan.

Sementara Kurniawan mengatakan, selama proses perbaikan dilakukan, Telkom mengalihkan routing layanan ke jaringan lain. (Kompas.com/ Penulis: Muhammad Idris/ Editor: Muhammad Idris)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.