Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serba-serbi Anak Kedua Pangeran Harry dan Meghan Markle: Bernama Diana dan Tidak Dapat Gelar Putri

Kompas.com - 12/06/2021, 10:40 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Kabar bahagia datang dari pasangan Pangeran Harry dan Meghan Markle. Keduanya mengumumkan kelahiran anak kedua mereka yang berjenis kelamin perempuan pada Minggu (6/6/2021).

Sejatinya Meghan melahirkan putri pertamanya itu pada Jumat (4/6/2021) di Santa Barbara Cottage Hospital, California, Amerika Serikat atau dua hari sebelum pengumuman resmi ke publik. Bayi perempuan itu lahir dengan berat 7 lbs 11 oz (3,2 kg).

Oleh Pangeran Harry dan Meghan, adik dari Archie Mountbatten-Windsor itu diberi nama Lilibet Diana Mountbatten-Windsor. Kelahiran Lili, panggilan dari Lilibet Diana, juga disambut gembira oleh Keluarga Kerajaan Inggris.

Baca juga: Anak Kedua Pangeran Harry dan Meghan Markle Lahir, Diberi Nama Diana

Berikut sejumlah fakta seputar kelahiran anak kedua Pangeran Harry dan Meghan Markle

1. Diambil dari nama Putri Diana dan Ratu Elizabeth

Nama Lilibet Diana merupakan gabungan dari nama Ratu Elizabeth dan Ibunda Pangeran Harry, Diana Spencer atau Putri Diana.

“"Lili diambil dari nama nenek buyutnya, Yang Mulia Ratu (Elizabeth), yang nama panggilan keluarganya adalah Lilibet. Nama tengah, Diana, dipilih untuk menghormati mendiang nenek tercintanya, The Princess of Wales," demikian pernyataan dari pasangan tersebut melansir AFP.

Lilibet merupakan nama panggilan dari Ratu Elizabeth II. Ayah Ratu Elizabeth, yakni Raja George VI, juga biasa memanggilnya dengan nama Lilibet.Nama itu ternyata terinspirasi dari cara Ratu menyebut namanya sendiri ketika masih kecil.

Putri Diana diabadikan saat mengenakan celana panjang motif kotak-kotak berwarna merah muda yang serasi dengan jumper merah muda dan kemeja putih. Hasil tangkap layar Evoke Putri Diana diabadikan saat mengenakan celana panjang motif kotak-kotak berwarna merah muda yang serasi dengan jumper merah muda dan kemeja putih.

Pemberian nama panggilan telah menjadi tradisi dari kerajaan Inggris. Sedangkan pemberian nama Diana dilakukan untuk menghormati mendiang Putri Diana yang wafat pada 1997 lalu.

Baca juga: Nama Anak Pangeran Harry dan Meghan Markle Dianggap Merendahkan

2. Tidak mendapat gelar putri

Meski merupakan anak dari seorang Pangeran, Lilibet disebut tidak mendapat gelar putri, sampai nanti Ratu Elizabeth II wafat dan Pangeran Charles naik takhta. Hal yang sama juga berlaku untuk kakaknya, Archie.

Keduanya akan mendapat gelar HRH (His Royal Highness/ Her Royal Highness) ketika Charles menjadi raja, karena hak waris mereka naik, menjadi putra seorang raja.

“Sama seperti Archie tidak mendapat gelar pangeran, dia (Lilibet) juga tidak akan mendapat gelar putri. Hanya cicit dari kerajaan yang otomatis mendapat gelar putri atau pangeran," kata ITV Royal Editor Chris Ship.

Saat ini ketiga cicit kerajaan yang mendapat gelar itu adalah putra dan putri Pangeran William dan Kate Middleton, yakni Pangeran George, Putri Charlotte dan Pangeran Louis, yang mendapat antrean tiga, empat dan lima sebagai pewaris takhta.

Baca juga: Meghan Markle dan Pangeran Harry Dikaruniai Anak Kedua, Ucapan Kerajaan Inggris sampai Arti Nama

3. Kewarganegaraan ganda

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com