Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dokter Gedung Putih: Trump Tak Perlu Dikarantina dan Tidak Menunjukkan Gejala Virus Corona

Kompas.com - 14/03/2020, 16:50 WIB
Virdita Rizki Ratriani

Penulis

KOMPAS.com - Dokter Gedung Putih mengatakan dalam memo yang dirilis Jumat (13/3/2020) malam bahwa Presiden Donald Trump tidak memiliki gejala virus corona

Mengutip CNN (14/3/2020), Donald Trump tidak perlu dikarantina setelah melakukan kontak dengan dua orang yang terjangkit Covid-19.

Dalam sebuah memorandum yang dirilis tepat sebelum tengah malam, Angkatan Laut Cmdr. Sean Conley, dokter Gedung Putih, menulis bahwa Trump secara singkat melakukan kontak dengan seseorang.

Orang itu adalah Fabio Wajngarten, sekretaris pers untuk Presiden Brasil Jair Bolsonaro, CNN sebelumnya melaporkan.

Wajngarten mulai menunjukkan gejala virus corona tiga hari setelah bertemu dengan Trump dan kemudian dinyatakan positif Covid-19, tulis Conley.

Baca juga: RSUD Soedono Madiun Isolasi Keluarga Pasien Positif Corona yang Meninggal di Solo

Selain dengan Fabio Wajngarten, Conley juga mengatakan, Gedung Putih sadar bahwa masih ada individu lain yang berhubungan dengan Trumo positif terjangkit virus corona. 

Orang itu adalah Nestor Forster, Diplomat Brasil di Washington, yang dinyatakan positif virus corona pada Jumat (13/3/2020), menurut Kedutaan Besar Brasil.

Conley mengatakan Trump telah menghabiskan lebih banyak waktu di dekat Forster, tetapi semua interaksi terjadi sebelum timbulnya gejala.

"Interaksi ini akan dikategorikan sebagai risiko RENDAH untuk transmisi per pedoman CDC, dan karena itu, tidak ada indikasi untuk karantina rumah pada saat ini," tulis Conley.

"Selain itu, mengingat Presiden sendiri tetap tanpa gejala, pengujian untuk Covid-19 saat ini tidak diindikasikan. Saya akan terus memantau dan merawat Presiden, dan akan memperbarui informasi yang tersedia," tulis dia. 

Baca juga: Kata Presiden UFC soal Ancaman Virus Corona terhadap Duel Khabib Vs Ferguson

Keputusan Conley untuk Presiden bertentangan dengan tindakan yang dilakukan beberapa sekutu dekat Trump di Kongres setelah berinteraksi dengan orang-orang yang dites positif terkena virus corona.

Sens. Ted Cruz dari Texas dan Lindsey Graham dari South Carolina dan Reps. Doug Collins dari Georgia, Mark Meadows dari North Carolina dan Matt Gaetz dari Florida masing-masing melakukan karantina sendiri setelah berinteraksi dengan seseorang di Conservative Political Action Conference yang dites positif. untuk virus corona.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit merekomendasikan agar orang yang berusia 60 tahun dan lebih tua, seperti Presiden, tinggal di rumah sebanyak mungkin.

Trump juga mengabaikan petunjuk dari pejabat kesehatan untuk berhenti berjabat tangan.

Baca juga: Ramai soal Mahasiswa di Malang Disebut Suspect Corona, UB: Tidak Benar

Donald Trump sempat akan diuji virus corona

Selama konferensi pers pada Jumat (13/3/2020), Trump mengatakan dia kemungkinan akan diuji untuk virus corona.

"Kami sedang menentukan jadwalnya," kata dia. Trump menambahkan bahwa ia tidak memiliki gejala virus corona dan hampir tidak menghabiskan waktu bersama Wajngarten.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com