Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Kemenpar, Ini Instansi yang Mengajukan Penundaan CPNS 2019

Kompas.com - 22/11/2019, 16:56 WIB
Mela Arnani,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif resmi melakukan penundaan pengadaan calon pegawai negeri sipil atau CPNS 2019.

Melalui surat resmi bernomor KP.00.00/2094/SET/KBPEK/2019, penundaan dilakukan karena adanya perubahan dan penggabungan kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Badan Ekonomi Kreatif menjadi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sehingga, perlu adanya penataan struktur organisasi dan peta kekuatan ASN di lingkungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Dalam pengumuman tersebut, penerimaan CPNS di lingkungan kementerian ini akan dimaksimalkan pada proses rekruitmen dan pengadaan CPNS tahun 2020 sesuai dengan kualifikasi dan kebutuhan organisasi yang baru.

Saat dikonfirmasi, Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Andi Rahadian menjelaskan bukan hanya Kemenpar yang melakukan penundaan CNS.

Melainkan ada beberapa instansi pemerintah baik di pusat maupun daerah yang meminta dilakukan penundaan pengadaan CPNS 2019.

"Jadi memang betul (Kemenpar) meminta penundaan. Yang lainnya ada beberapa daerah. Sejauh ini yang saya terima kurang lebih ada 4-5 daerah, ada 2 kementerian," ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (22/11/2019).

Andi menyebutkan, beberapa instansi daerah yang juga mengajukan penundaan seperti Kabupaten Ngawi, Batu, Palu, dan Bontang.

Namun, ia belum menyebut satu kementerian lain yang akan mengajukan penundaan.

"Masih menunggu satu lagi (penundaan CPNS kementerian), kalau sudah saya terima resminya ya," katanya lagi.

Baca juga: Kementerian Pariwisata Tunda Pengadaan CPNS 2019, Ini Alasannya

Kebutuhan Formasi

Menurut Andi, kebutuhan formasi CPNS disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing instansi.

Sehingga, jika dirasa belum siap, instansi dapat mengajukan penundaan rekrutmen.

Sementara itu, bagi instansi yang menunda pengadaan CPNS tahun ini, akan dibuka pada tahun 2020 mendatang.

"Otomatis karena mereka tidak membuka untuk tahun ini, sehingga kita menunda pengadaan ASN-nya kementerian/lembaga ini tahun 2020," papar Andi.

"Nanti tergantung lagi, untuk tahun ini kan kita buka formasi tergantung dari masukan kementerian/lembaga dari pusat dan daerah yang disampaikan ke Kemenpan RB, kalau mereka membuka lagi, mereka akan sampaikan ke kita," katanya lagi.

Lebih lanjut, Andi mengimbau para pelamar CPNS untuk berhati-hati ketika mengisikan informasi saat melakukan pendaftaran.

Baca juga: Daftar Lengkap Link dan Formasi CPNS 2019 di 64 Kementerian dan Lembaga

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com