Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

715 Koleksi Museum Nasional Telah Ditangani, Restorasi Dimulai Desember

Kompas.com - 22/11/2023, 15:30 WIB
Widya Lestari Ningsih

Penulis

KOMPAS.com - Tim Khusus Penanganan Unit Museum Nasional Indonesia (MNI) melaporkan informasi terbaru bahwa per 1 November 2023, sebanyak 715 koleksi telah teridentifikasi dan 712 di antaranya memasuki tahapan klasifikasi.

Seperti diketahui, Museum Nasional Indonesia mengalami kebakaran pada September 2023.

Terdapat empat tahapan pelaksanaan penyelamatan koleksi yang terdampak, yakni tahap evakuasi, tahap identifikasi, tahap klasifikasi, dan konservasi.

Sedangkan tahap akhir, yakni tahap konservasi memiliki empat tahapan, yakni tahap observasi, sampling, tahap analisis, dan remediasi, untuk selanjutnya dilakukan proses restorasi.

Focus Group Discussion (FGD) bersama dengan para ahli telah dilakukan pada pertengahan bulan Oktober guna menghasilkan rekomendasi terkait penanganan pasca-klasifikasi, kebutuhan SDM dan keterlibatan para pihak yang dibutuhkan untuk penanganan di tahap selanjutnya, yaitu tahap restorasi”, ungkap Ahmad Mahendra selaku Kepala Museum dan Cagar Budaya (MCB) dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Rabu (22/11/2023).

Berdasarkan hasil analisis dan rekomendasi yang didapat, terdapat 171 koleksi tergolong dalam klasifikasi berat, yang membutuhkan proses remediasi secara cepat.

Baca juga: Sejarah Museum Nasional Indonesia

Adapun hal ini dikarenakan koleksi yang terdampak telah mengalami kontaminasi material lainnya dan dapat memberikan dampak yang lebih berat, apabila tidak segera ditangani.

Beberapa koleksi yang terdampak berat ini terutama adalah koleksi yang terbuat dari bahan besi dan tembaga.

Uji sampling gelombang pertama di Laboratorium Balai Konservasi Borobudur telah dilaksanakan bulan lalu dan saat ini telah memasuki tahap uji sampling gelombang kedua.

Sementara proses lainnya tetap dilakukan sesuai dengan jadwal dan kebutuhan pada rencana penanganan MNI.

“Setelah proses uji sampling dilakukan, kami rencananya akan kembali menggelar focus group discussion yang kedua bersama dengan para pihak dan ahli terlibat, untuk menghasilkan rekomendasi kebutuhan penanganan koleksi di tahun 2024 mendatang. Koleksi apa saja, proses remediasi yang dibutuhkan, kapan dan oleh siapa dilakukan. Kami juga akan mengajak keterlibatan para ahli untuk menghasilkan rekomendasi yang tepat sasaran”, jelas Mahendra.

Museum Nasional Indonesia untuk sementara tidak beroperasi hingga akhir tahun.

Tim konservator melakukan proses klasifikasi koleksi Museum Nasional Indonesia di Jakarta Pusat.Dok. Museum dan Cagar Budaya Tim konservator melakukan proses klasifikasi koleksi Museum Nasional Indonesia di Jakarta Pusat.
Adapun hal ini diputuskan guna memfokuskan proses penanganan yang saat ini sedang berlangsung.

“Proses remediasi yang awalnya direncanakan untuk ditindak pada bulan Desember, saat ini sudah mulai dilaksanakan. Untuk itu, kami akan terus mengobservasi dan menganalisis seluruh kebutuhan penanganan dan penyelamatan di awal tahun 2024, agar proses ini dapat berjalan secara lancar dan aman, sehingga MNI beserta koleksinya dapat dijumpai kembali oleh publik,” tutup Mahendra.

Baca juga: Sejarah Hari Museum Nasional 12 Oktober

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com