Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta atau Mitos Cleopatra Tewas karena Gigitan Ular

Kompas.com - 01/11/2023, 21:00 WIB
Rebeca Bernike Etania,
Tri Indriawati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah mengalami kekalahan besar dalam Pertempuran Actium pada 31 SM, Cleopatra dan Mark Antony mundur ke Alexandria dengan perasaan cemas tentang masa depan kerajaan mereka.

Beberapa bulan kemudian, ketika pasukan Romawi di bawah Octavian telah mendekati gerbang kota, Cleopatra memilih untuk bunuh diri pada 10 Agustus tahun 30 SM, dengan cara membiarkan seekor ular berbisa menggigit dirinya dan dua dayang-dayangnya.

Namun, apakah benar Cleopatra meninggal karena gigitan ular tersebut?

Baca juga: Apakah Rupa Cleopatra Bisa Terungkap dari Sisa Kerangka?

Citra Cleopatra

Jawaban bagaimana Cleopatra meninggal sangat minim ditemukan dalam bukti sejarah. 

Mereka yang menyusun catatan paling komprehensif tentang kehidupannya, terutama penulis Romawi seperti Plutarch, hidup beberapa generasi setelah kematian Cleopatra.

Para penyair, penulis drama, dan pembuat film menggunakan sumber-sumber Plutarch untuk menggambarkan Cleopatra sebagai sosok wanita cantik yang mampu membuat dua pemimpin Romawi, Julius Caesar dan Mark Antony, jatuh cinta.

Di balik gambaran yang terkenal, Cleopatra adalah seorang ratu yang kuat dan salah satu anggota terkemuka dari dinasti Yunani yang menguasai Mesir selama lebih dari tiga abad.

Baca juga: Di Mana Makam Cleopatra?

Kematian Cleopatra

Setelah pasukan Romawi mengalahkan pasukan Mesir dalam Pertempuran Actium, Antony dan Cleopatra mundur ke Alexandria, di mana mereka menyaksikan mantan sekutu dan pendukung beralih ke pihak Octavian.

Stacy Schiff dalam bukunya pada 2010 mengungkapkan bahwa Cleopatra dan Mark Antony mengakhiri kelompok "Society of Inimitable Livers" karena pendukungnya tersebut berperilaku buruk.

Mereka kemudian mendirikan kelompok baru yang disebut "Companions to the Deat".

Cleopatra segera memerintahkan pembangunan sebuah mausoleum dua lantai di tanah istananya, bersebelahan dengan kuil yang didedikasikan untuk dewi Isis.

Pada akhir Juli tahun 30 SM, pasukan Octavian telah mencapai Alexandria dan Cleopatra mundur ke mausoleumnya.

Mendengar laporan bahwa Cleopatra telah meninggal, Antony menusuk dirinya sendiri dengan pedangnya.

Menurut catatan sejarah Plutarch, pada 9 Agustus, seseorang dari tim Octavian diam-diam memberi tahu Cleopatra bahwa Octavian segera pergi ke Roma. Octavian juga ingin membawa Cleopatra serta anak-anaknya.

Keesokan harinya, Cleopatra masuk ke dalam mausoleum bersama dua dayang-dayangnya, Iras dan Charmion, kemudian mengirim pesan kepada Octavian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com