Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Man City Kena Sanksi UEFA, Guardiola Nyatakan Setia

Kompas.com - 17/02/2020, 21:54 WIB
M. Hafidz Imaduddin,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

Sumber Sky Sports

KOMPAS.com - Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, berkomitmen tidak meninggalkan timnya yang baru saja mendapat sanksi dari UEFA.

Dikutip dari situs Sky Sports, Guardiola sudah mengatakan hal itu kepada semua pemain Man City tidak lama setelah sanksi dari UEFA diumumkan.

Guardiola merasa saat ini bukan waktu yang tepat untuk meninggalkan Man City.

"Dengar, di mana pun Man City bermain, saya akan tetap bertahan di sini," kata Guardiola kepada para pemainnya dikutip dari situs Sky Sports, Senin (17/2/2020).

"Bahkan, jika Man City harus terdegradasi ke divisi tiga Liga Inggris, saya masih akan bertahan. Dalam kondisi ini, kami tidak boleh terpecah," ujar Guardiola.

Baca juga: Gara-gara UEFA, Rencana Pep Guardiola untuk Man City Buyar

Tidak hanya Guardiola, Raheem Sterling juga dikabarkan tidak akan meninggalkan Man City selama masih terkena sanksi.

Adapun CEO Man City, Ferran Soriano, mengapresiasi sikap Guardioala dan para pemain lain yang tidak bertindak reaktif menyikapi sanksi UEFA.

"Saya minta seluruh skuad Man City untuk percaya kepada manajemen. Saya yakin masalah ini akan selesai dengan cepat," ujar Soriano menambahkan.

Man City baru saja menerima hukuman larangan tampil di kompetisi antarklub Eropa untuk musim 2020-2011 dan 2021-2022.

Hukuman itu harus diterima Man City karena Badan Kontrol Keuangan Klub UEFA (CFCB) menemukan pelanggaran dalam neraca keuangan Man City.

Man City terbukti menggelembungkan pemasukan sponsor dan tidak korporatif dalam proses investigasi.

Alhasil, Man City dihukum larangan tampil dua musim di kompetisi antarklub Eropa dan juga denda 40 juta euro atau setara Rp 445 miliar.

Baca juga: Barcelona hingga Juventus, Penggemar Bicara soal Masa Depan Pep Guardiola

Tidak lama setelah sanksi ini diumumkan, rumor yang beredar adalah akan terjadi eksodus besar-besaran dari Man City, termasuk Pep Guardiola.

Guardiola bahkan dikabarkan sudah menjalin komunikasi dengan Juventus terkait kemungkinan pindah musim depan.

Selain itu, Man City juga dikabarkan akan menerima sanksi tambahan, yakni pengurangan poin sampai terdegradasi jika Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) turut memberi hukuman.

Terkait dengan hukuman dari UEFA, Man City dalam waktu dekat akan mengajukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com