Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liverpool Pecahkan Rekor Keunggulan Poin Tertinggi di Liga Inggris

Kompas.com - 03/02/2020, 06:00 WIB
Angga Setiawan,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Liverpool mencetak sejarah sebagai tim dengan keunggulan poin tertinggi atas pesaing terdekatnya, Manchester City, di pentas Liga Inggris.

Langkah Liverpool meraih trofi pertama di Liga Inggris sejak format berubah menjadi Premier League, hampir tak bisa dibendung klub lain.

Ini dibuktikan dengan kemenangan besar Liverpool atas Southampton pada pekan ke-25 Liga Inggris di Anfield, Sabtu (1/2/2020). Liverpool menang 4-0.

Mohamed Salah menjadi aktor pada laga melawan Southampton. Dia melesakkan dua gol (71', 90'), serta sisanya dicetak Oxlade-Chamberlain (47') dan Jordan Henderson (60').

Baca juga: Highlight Liverpool Vs Southampton, Pesta Gol di Anfield

Usai pertandingan, Juergen Klopp mengaku sedikit terkejut atas hasil yang timnya raih.

"Kami (Liverpool) sempat kesulitan pada babak pertama namun untungnya bisa cepat berbenah," ujar sang pelatih dilansir dari Sky Sport.

"Southampton jadi tim yang membuat kami kesulitan untuk saat ini, meski kami unggul telak tapi kami mengakuinya."

"Mereka sulit dihentikan sehingga membuat permainan kami tidak berkembang, jadinya saya mengubah gaya permainan sehingga Liverpool keluar dari tekanan."

Baca juga: Jadwal Liga Italia Malam Ini, Juventus, AC Milan dan Inter Bermain

"Yang membuat saya juga terkejut meski kami sudah unggul namun semangat Southampton tak pernah runtuh, kami mengapresiasi itu," kata Klopp menambahkan.

Hasil tersebut membuat pasukan Juergen Klopp tak terkalahkan sepanjang musim ini dengan24 kemenangan dan satu kali hasil imbang.

Selain itu, posisi Liverpool kian kokoh bertengger di puncak klasemen sementara Liga Inggris dengan raihan 73 poin.

Liverpool unggul 22 poin atas pesaing terdekat saat ini yang juga berstatus juara bertahan, Manchester City, di peringkat kedua dengan mengumpulkan 51 poin.

Baca juga: Kritik Terhadap Man United setelah Kedatangan Bruno Fernandes

Manchester City gagal mendekatkan jarak karena kalah 0-2 dari Tottenham Hotspur pada pekan ke-25, Minggu (2/2/2020).

Alhasil, selisih poin saat ini membuat Liverpool mencetak sejarah baru di Liga Inggris.

Dilansir dari OptaJoe, selisih 22 poin jadi catatan tertinggi keunggulan pemuncak klasemen dari pesaing terdekatnya sejak format Premier League hadir pada tahun 1992.

Setelah melakoni laga di Liga Inggris, Liverpool bakal mengikuti tanding ulang melawan Shrewburry di ajang Piala FA pada 5 Februari nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com