Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timnas U19 Menang, Shin Tae-yong Sebut Satu Masalah Besar Garuda Muda

Kompas.com - 30/01/2020, 13:00 WIB
Benediktus Agya Pradipta,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

Sumber PSSI

KOMPAS.com - Shin Tae-yong mengungkapkan satu hal yang masih menjadi permasalahan besar bagi permainan timnas U19 Indonesia.

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Shin Tae-yong seusai memetik kemenangan perdana dalam rangkaian pemusatan latihan di Chiang Mai, Thailand.

Kemenangan perdana timnas U19 diraih kala menjalani laga uji coba melawan klub Kyung Hee Unitversity dengan skor 2-1 di Alpine Football Camp Training, Thailand, Rabu (29/1/2020).

Dua gol kemenangan timnas U19 berhasil dicetak oleh Rizky Ridho Ramadhani dan Komang Teguh Trisnanda.

Baca juga: Timnas U19 Raih Kemenangan Perdana, Shin Tae-yong Tak Peduli Hasil

Hasil tersebut merupakan kemenangan perdana skuad Garuda Muda setelah pada empat laga uji coba sebelumnya, anak-anak muda Indonesia harus menelan kekalahan.

Menurut Shin Tae-yong, kemenangan itu dinilai mampu menjadi modal berharga timnas U19 untuk meningkatkan kepercayaan diri.

"Kemenangan ini menjadi modal positif bagi pemain, mereka bermain bagus sekali hari ini, kepercayaan diri mereka semakin bertambah, setiap hari mereka selalu menunjukkan semangatnya dalam berlatih," ucap Shin Tae-yong dikutip dari laman resmi PSSI.

"Pemain pasti mengalami perkembangan, tetapi memang tidak bisa cepat, tidak langsung datang yang tiba-tiba fisik pemain langsung bagus. Harus melalui proses dan ini yang sedang dijalani pemain,” tutur dia.

Baca juga: Shin Tae-yong: Kepercayaan Diri Pemain Timnas U-19 Semakin Meningkat

Meski mampu memetik kemenangan pada laga uji coba kontra Kyung Hee Unitversity, Shin Tae-yong menilai terdapat satu masalah besar yang masih harus dibenahi, yaitu pertahanan.

Menurut dia, terdapat beberapa kesalahan mendasar yang kerap dilakukan para pemain Garuda Muda saat berada dalam posisi bertahan.

"Masalah besarnya, saat bertahan. Posisi bertahan para pemain seharusnya di antara gawang, bola, dan lawan, serta harus bisa terus melihat posisi lawan," ujar Shin Tae-yong.

Namun, pertahanan timnas U19 kala menjalani laga uji coba kelima sudah membaik dibanding pertandingan-pertandingan sebelumnya.

"Namun, makin bagus, kali ini di pertandingan ini, pertahanan mereka membaik. Untuk fisik juga semakin membaik dan sudah mulai bisa cetak gol juga," tutur Shin Tae-yong menjelaskan.

Baca juga: Tiga Pemain Timnas U19 Ini Cocok dengan Tipe Shin Tae-yong

Sebelumnya, timnas U19 memang kerap diberi menu latihan fisik. Hal tersebut menyusul kebutuhan Shin Tae-yong akan pemain yang memiliki daya juang tinggi tanpa mengenal lelah.

"Seperti yang saya katakan beberapa waktu lalu, saya memang memerlukan pemain yang tidak kenal lelah dalam setiap pertandingannya," kata Shin Tae-yong.

Timnas U19 dijadwalkan masih terus melakukan beberapa laga uji coba melawan tim-tim asal Korea Selatan.

Hal tersebut dilakukan guna mempersiapkan skuad Garuda Muda dalam menyambut beberapa kompetisi terdekat, seperti AFF U19 dan Piala Asia U19.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com