Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Metode Komunikasi: Pengertian dan Contohnya

Kompas.com - 18/04/2024, 10:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Metode komunikasi merujuk pada semua cara, upaya, atau usaha yang dilakukan untuk menciptakan proses komunikasi.

Artikel ini akan membahas metode komunikasi secara garis besar. Apa itu metode komunikasi dan apa saja contoh metode komunikasi?

Pengertian metode komunikasi

Menurut Hasnawatty Surya Porouw, dkk dalam Buku Ajar Komunikasi dan Konseling dalam Praktik Kebidanan (2021), berikut pengertian metode komunikasi:

"Metode komunikasi adalah cara yang teratur dan baik, untuk mencapai tujuan komunikasi, serta memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan."

Dilansir dari situs CliffsNotes, metode komunikasi adalah proses komunikator berbicara atau menulis, serta proses mendengar atau membaca pesan oleh komunikan.

Baca juga: Apa Itu Dampak Konatif Komunikasi?

Pada umumnya, metode komunikasi bisa dilakukan secara verbal maupun non-verbal, baik langsung ataupun tidak.

Sementara itu, dikutip dari buku Komunikasi, Promkes, dan Epidemiologi (2023) karya Acivrida Mega dan Elis Anita, kata metode berasal dari bahasa Yunani, methodos, berarti rangkaian yang sistematis.

Metode komunikasi adalah rangkaian atau tata cara komunikasi tersistematis, yang sudah disusun menurut rencana yang pasti, mapan, juga logis.

Kesimpulannya, pengertian metode komunikasi adalah cara atau rangkaian komunikasi yang disusun untuk mencapai sebuah tujuan.

Contoh metode komunikasi

Dalam buku Filsafat Komunikasi (2023) oleh Faustyna dan Rudianto, contoh metode komunikasi, salah satunya adalah jurnalistik.

Baca juga: 5 Unsur Komunikasi Menurut Harold Laswell

Adapun yang dimaksud jurnalistik, yakni proses pengumpulan, pelaporan, penulisan, penyuntingan, serta penyampaian informasi atau berita kepada khalayak.

Selain jurnalistik, contoh metode komunikasi lainnya, yaitu hubungan masyarakat, periklanan, pameran, publisitas, serta propaganda.

Perang urat syarat (peperangan psikologis), retorika, agitasi, perpustakaan, serta kampanye juga termasuk contoh metode komunikasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com