Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Analisis SWOT dalam Perencanaan Bisnis?

Kompas.com - 26/02/2024, 09:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Perencanaan bisnis adalah serangkaian kegiatan yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis atau usaha.

Salah satu hal yang wajib dan perlu diperhatikan dalam perencanaan bisnis ialah analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats).

Apa yang dimaksud dengan analisis SWOT dalam perencanaan bisnis?

Analisis SWOT dalam perencanaan bisnis

Dikutip dari buku Manajemen Strategis (2023) oleh Harry Yulianto, berikut pengertian analisis SWOT dalam perencanaan bisnis:

"Analisis SWOT adalah kerangka kerja yang digunakan untuk mengevaluasi pengembangan perencanaan yang bersifat strategis."

Baca juga: Analisis SWOT: Pengertian dan Fungsinya

Pada dasarnya, analisis ini diterapkan dengan mempertimbangkan sejumlah faktor, baik itu faktor internal maupun eksternal.

Analisis SWOT pertama kali diperkenalkan oleh Albert S. Humphrey, seorang ahli bisnis berkebangsaan Inggris.

Ia memperkenalkan analisis ini di tahun 1960-an, tepatnya ketika ia menginisasi proyek penelitian Stanford Research Institute.

Menurut Louis E. Boone dan David L. Kurtz dalam buku Contemporary Business (2006), berikuty pengertian analisis SWOT:

"Analisis SWOT adalah pendekatan terorganisasi dalam menilai kekuatan dan kelemahan internal perusahaan, beserta peluang dan ancaman eksternalnya."

Baca juga: Pengertian Analisis SWOT, Metode, dan Contohnya

Asumsi dasar dari analisis ini adalah realitas internal dan eksternal yang kritikal, hendaknya dapat dijadikan dasar untuk menyusun strategi yang tepat.

Analisis SWOT dalam perencanaan bisnis berarti analisis ini dijadikan alat untuk menilai apa saja kekuatan dan kelemahan internal bisnis, beserta peluang dan ancamannya.

Dengan melakukan analisis SWOT, perusahaan atau unit bisnis bisa lebih tepat dalam menyusun strategi, juga mengetahui bagaimana pemasaran bisnis yang sesuai.

Selain menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman bisnis, analisis SWOT dalam perencanaan bisnis juga ditujukan untuk mengantipasi permasalahan yang mungkin timbul.

Jadi, apa yang dimaksud dengan analisis SWOT dalam perencanaan bisnis?

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Model Bisnis?

Analisis SWOT dalam perencanaan bisnis adalah analisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman bisnis yang mungkin muncul ke depannya.

Sehingga pemilik maupun manajemen perusahaan bisa mengantisipasi masalah yang mungkin timbul, dan tepat dalam mengambil keputusan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com