Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Level Pencegahan Penyakit

Kompas.com - 22/12/2023, 06:00 WIB
Arfianti Wijaya,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Perubahan ke arah kondisi kesehatan yang lebih baik dapat diawali dengan melakukan pencegahan.

Pencegahan dapat diartikan sebagai rencana dan langkah-langkah yang diambil untuk mencegah munculnya penyakit atau masalah kesehatan lainnya sebelum terjadinya peristiwa kesehatan yang tidak diinginkan.

Dalam pencegahan, kita dapat mendengar istilah lima level pencegahan penyakit. Adapun lima level upaya pencegahan untuk menghindari penyakit, meliputi:

Level 1: Promosi kesehatan (health promotion)

Pada level 1, upaya yang dilakukan adalah upaya untuk promotif yang difokuskan kepada orang yang sehat supaya tidak mengalami atau menderita suatu penyakit.

Promosi kesehatan adalah tahapan yang pertama dan utama untuk mencegah penyakit.

Melalui promosi kesehatan, masyarakat diharapkan mempunyai cukup informasi untuk mau dan mampu memelihara serta meningkatkan kesehatannya.

Baca juga: Tujuan Komunikasi Kesehatan

Level 2: Perlindungan khusus (specific protection)

Upaya memberikan perlindungan optimal kepada orang-orang atau kelompok yang mempunyai risiko terkena suatu penyakit atau masalah kesehatan tertentu.

Perlindungan yang bersifat spesifik menurunkan kemungkinan seseorang untuk terpapar bahaya, kondisi, atau risiko penyakit tertentu.

Level 3: Diagnosis dini serta pengobatan yang cepat dan tepat (early diagnosis and prompt treatment)

Suatu upaya kesehatan dalam mencari kemungkinan terjadinya suatu penyakit yang dapat diderita oleh masyarakat sedini mungkin, serta pemberian pengobatan sedini mungkin.

Saat seseorang jatuh sakit, semakin dini diagnosis dan pengobatan yang didapatkan maka diharapkan prognosis sembuh dari penyakit yang ia derita semakin baik.

Contoh kegiatan pada level ini adalah upaya untuk screening penyakit (misalnya, screening kanker payudara, kanker rahim, dan sebagainya), general check up, dan tracing penderita penyakit menular.

Level ini memberikan keuntungan yaitu dapat mengurangi biaya pengobatan dan bisa mencegah kondisi penyakit seseorang yang lebih parah apabila dibiarkan tanpa ada tindakan kuratif.

Baca juga: 9 Masalah Kesehatan Masyarakat di Indonesia

Level 4: Pembatasan kecacatan (disability limitation)

Ketidakmampuan dalam melakukan pengobatan pada level sebelumnya dapat menyebabkan kecacatan.

Maka dari itu, jika seseorang sudah mengalami kondisi sakit, pengobatan sebaiknya diupayakan mendekati sempurna supaya dapat mencegah kecacatan.

Di level empat, fokus upaya yang dilakukan adalah pada orang yang sudah menderita penyakit supaya penyakitnya tidak lebih parah, tidak menderita penyakit lain yang menyertainya, dan segera sembuh.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com