Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Potensi Air Terjun dan Pemanfaatannya

Kompas.com - 20/12/2023, 20:00 WIB
Rahma Atillah,
Silmi Nurul Utami

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Air terjun adalah formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan dan mengalami erosi sehingga jatuh ke bawah dari ketinggian.

Air terjun merupakan kenampakan alam di mana jatuhnya air dari ketinggian yang terletak di jalur sungai permanen sehingga memunculkan sebuah panorama alam yang memiliki daya tarik tersendiri.

Air terjun terbentuk karena aktivitas erosi dari aliran air yang mengalir di atas lapisan batuan yang bervariasi, dari yang memiliki tingkat erosi yang berbeda.

Sebagai suatu kenampakan alam, air terjun telah banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang kebutuhan. Adapun jenis-jenis pemanfaatan air terjun antara lain:

  • Objek wisata
  • Sumber mata air
  • Sumber irigasi
  • Sumber energi alternatif.

Baca juga: Pentingnya Kebutuhan Air Tanah Artesis

Objek wisata

Kawasan wisata air terjun memiliki potensi untuk dikembangkan dalam upaya peningkatan perekonomian daerah ataupun perekonomian masyarakat sekitar kawasan.

Secara umum air terjun memiliki variasi tipe dan bentuk serta kenampakan yang berbeda-beda di setiap wilayah.

Kenampakan fisik air terjun yang bervariasi dan memiliki eksotika yang khas merupakan daya tarik untuk wisatawan yang menyukai panorama alam.

Selain itu, dibukanya air terjun sebagai objek wisata dapat membuka peluang usaha bagi masyarakat di sekitar kawasan objek wisata air terjun.

Baca juga: Pengertian Wisata Bahari dan Manfaatnya

Sumber mata air

Sumber pemenuhan kebutuhan air dapat dipenuhi dari berbagai sumber mata air, salah satunya adalah air terjun.

Air terjun dapat dimanfaatkan sebagai sumber mata air bersih bagi masyarakat sekitar untuk berbagai kebutuhan rumah tangga.

Penggunaan air dimanfaatkan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan seperti kebutuhan makan, minum, mencuci, mandi, dan lain sebagainya.

Baca juga: Sumber Air Tanah

Sumber energi alternatif

Potensi sumber daya air wilayah Indonesia banyak dijumpai air terjun yang mengalir deras, selain sebagai destinasi wisata, kekuatan arus air dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif.

Air termasuk sumber daya alam terbarukan yang dapat digunakan untuk alternatif pembangkit energi listrik dengan memanfaatkan aliran air yang jatuh dari ketinggian. 

Energi air dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik dengan memanfaatkan tenaga potensial yang tersedia.

Yaitu melalui potensi air terjun dan kecepatan aliran, sehingga dapat menghasilkan energi listrik.

Baca juga: Apa Saja yang Termasuk Energi Terbarukan?

Sumber irigasi

Air terjun dapat memenuhi pengembangan perairan untuk mensuplai kebutuhan irigasi guna keperluan pertanian mengalirkan dan membagikan air secara teratur.

Kebutuhan air (water supply) untuk keperluan pertanian meliputi pembasahan tanah, perabukan atau pemupukan, pengatur suhu tanah, menghindarkan gangguan hama dalam tanah, dan sebagainya.

Baca juga: Irigasi: Tujuan dan Jenis-jenisnya

Referensi:

  • Andri Santosa, dkk. 2015. Mendorong Pemanfaatan Air dan Energi Air yang Lebih Baik. Jakarta: Kemitraan Partnership.
  • La Ode Mohammad Firman dan Basuki Setiawan. 2023. Dasar-dasar Pembangkit Listrik Tenaga Air. Bandung: Widina Media Utama.
  • Rahman Fahyumi dan Putu Ananda Citra. 2018. Karakteristik Air Terjun Sebagai Potensi Wisata Alam di Kecamatan Sukasada. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, Vol. 6, No. 10.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com