Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Dampak Globalisasi yang Menguntungkan bagi Perdagangan

Kompas.com - 11/12/2023, 13:00 WIB
Retia Kartika Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Globalisasi telah membawa banyak manfaat bagi perekonomian dengan memperluas pasar global, termasuk perdagangan internasional.

Dilansir dari buku Ekonomi Makro: Teori-Teori Pengantar (2023) oleh Zul Fadli, globalisasi adalah suatu proses kegiatan di berbagai sektor, di mana negara-negara di seluruh dunia menjadi kekuatan pasar yang semakin terintegrasi, tidak dibatasi oleh batas-batas wilayah suatu negara.

Berdasarkan buku Pengantar Ekonomi Makro (2020) oleh Gilad James, globalisasi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan proses integrasi dan saling ketergantungan ekonomi internasional, masyarakat, dan budaya.

Baca juga: Mengapa Globalisasi Menjadi Tantangan Tersendiri untuk Kita?

Untung bagi perdagangan

Globalisasi telah berdampak signifikan pada perdagangan internasional, yang mengarah pada pertumbuhan perdagangan internasional.

Berikut dampak globalisasi yang menguntungkan bagi perdagangan:

  1. Saling membantu memenuhi kebutuhan antarnegara
  2. Meningkatkan produktivitas usaha
  3. Mengurangi pengangguran
  4. Menambah pendapatkan devisa negara
  5. Mendorong kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi

Baca juga: Pengaruh Globalisasi terhadap Pencemaran Lingkungan

Selain itu, globalisasi dalam perdagangan telah memungkinkan spesialisasi dan keunggulan komperatif, yang mengarah pada peningkatan efisiensi dalam produksi barang.

Keuntungan komparatif adalah konsep yang menunjukkan bahwa negara-negara harus mengkhususkan diri dalam produksi barang yang dapat mereka hasilkan secara efisien dan memperdagangkannya dengan negara lain untuk barang yang tidak dapat mereka hasilkan secara efisien.

Dengan globalisasi, telah terjadi peningkatan yang signifikan dalam jumlah perdagangan antarnegara, yang telah membantu meningkatkan standar hidup di banyak negara.

Negara-negara berkembang telah mampu mengekspor komoditas mereka ke negara-negara maju, mendapatkan valuta asing dan meningkatkan neraca pembayaran mereka.

Itulah penjelasan mengenai pengertian globalisasi dan dampak globalisasi yang menguntungkan bagi perdagangan.

Baca juga: 7 Upaya Menghadapi Globalisasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com