Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Motivasi dalam Organisasi

Kompas.com - 26/11/2023, 14:00 WIB
Arfianti Wijaya,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

Sumber KBBI

KOMPAS.com – Motivasi adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu.

Apa yang dimaksud dengan motivasi dalam organisasi?

Motivasi dalam organisasi adalah sebuah keahlian dalam mengarahkan karyawan serta anggota organisasi supaya mempunyai keinginan yang kuat dalam bekerja.

Berdasarkan tujuan yang ingin ia capai, seseorang akan termotivasi oleh kebutuhan yang dimilikinya.

Motivasi organisasi merupakan kesediaan untuk mengeluarkan tingkat upaya yang tinggi demi tujuan organisasi yang dikondisikan oleh kemampuan upaya tersebut dalam memenuhi beberapa kebutuhan individual.

Baca juga: Motivasi: Pengertian, Teori, dan Jenisnya

Dalam hal ini, motivasi bersifat pengarahan, memengaruhi, dan berkomunikasi dengan baik kepada karyawan yang kemudian akan menjadi penentu dari efektivitas seorang pemimpin.

Ketua organisasi harus dapat memotivasi para anggotanya supaya terjadi peningkatan dalam pelaksanaan kerja dan kepuasan kerja mereka.

Apabila seorang ketua membiarkan anggotanya berjalan tanpa motivasi maka kinerja organisasi dapat memburuk, mendapati kegagalan program kerja, bahkan organisasi tersebut dapat terancam bubar.

Baca juga: Apa itu Motivasi dalam Berwirausaha?

Proses timbulnya motivasi dalam organisasi

Proses motivasi terdiri atas beberapa tahapan, sebagai berikut:

  • Jika dalam diri seseorang muncul suatu kebutuhan dan kebutuhan tersebut belum terpenuhi maka akan menyebabkan lahirnya dorongan untuk melakukan kegiatan.
  • Jika kebutuhan belum terpenuhi maka seseorang kemudian akan mencari cara untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
  • Untuk mencapai tujuan prestasi yang diharapkan maka seseorang perlu didukung oleh kemampuan, keterampilan, ataupun pengalaman dalam memenuhi semua kebutuhannya.
  • Melakukan evaluasi prestasi secara formal mengenai keberhasilan dalam mencapai tujuan yang dilakukan secara bertahap.
  • Seseorang akan bekerja lebih baik kalau ia merasa bahwa apa yang ia lakukan dihargai dan memperoleh imbalan atau ganjaran.
  • Dengan menerima gaji atau imbalan, kemudian seseorang dapat mempertimbangkan seberapa besar kebutuhan yang mampu terpenuhi dari gaji atau imbalan tersebut.

Baca juga: Motivasi kerja: Pengertian, Faktor, dan Indikator

 

Referensi:

  • Suswati, E. (2021). Membangun Kinerja dan Motivasi dalam Organisasi: Pendekatan Riset. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
  • Dayana, I. & Marbun, J. (2018). Motivasi Kehidupan. Guepedia.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com