Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Unsur Utama Lambang Pramuka beserta Maknanya

Kompas.com - 23/11/2023, 14:30 WIB
Retia Kartika Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Lambang Gerakan Pramuka adalah Tunas Kelapa yang diciptakan oleh Soemardjo Atmodipuro.

Dilansir dari buku Panduan Saku Penggalang Ramu dalam Gerakan Pramuka (2023) oleh Mira Dwi Anggraeni, lambang ini dipergunakan pertama kali pada tanggal 14 Agustus 1961.

Baca juga: Apa Warna Lambang Pramuka Dunia? Ini Jawabannya ....

Berdasarkan Buku Panduan Pramuka Penggalang (2015) oleh Agus S. Dani dan Budi Anwari, dalam lambang pramuka juga memiliki enam unsur utama beserta maknanya. Berikut penjelasannya:

  • Buah kelapa/nyiur dalam keadaan tumbuh dinamakan "cikal", dan istilah "cikal bakal" di Indonesia berarti penduduk asli yang pertama menurunkan generasi baru.

Jadi buah kelapa/nyiur yang tumbuh itu mengandung kiasan bahwa tiap Pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia.

  • Buah kelapa/nyiur dapat bertahan lama dalam keadaan yang bagaimanapun juga.

Jadi, lambang itu mengiaskan bahwa tiap Pramuka adalah seorang yang rohani dan jasmani sehat, kuat, ulet, serta besar tekadnya dalam menghadapi segala tantangan dalam hidup dan dalam menempuh segala ujian dan kesukaran untuk mengabdi kepada Tanah Air dan Bangsa Indonesia.

Baca juga: Makna Lambang Pramuka

  • Kelapa/nyiur dapat tumbuh di mana saja, yang membuktikan besarnya daya upaya dalam menyesuaikan dirinya dengan keadaan di sekelilingnya.

Melambangkan bahwa setiap Pramuka dapat menyesuaikan diri dalam masyarakat di mana dia berada dan dalam keadaan bagaimanapun juga.

  • Kelapa/nyiur tumbuh menjulang lurus ke atas dan merupakan salah satu pohon yang tertinggi di Indonesia.

Melambangkan bahwa setiap Pramuka mempunyai cita-cita yang tinggi dan lurus, yang mulia dan jujur, dan ia tetap tegak tidak mudah diombang-ambingkan oleh sesuatu.

Baca juga: Tingkatan dalam Pramuka Penegak yang Benar

  • Akar kelapa/nyiur tumbuh kuat dan erat di dalam tanah.

Lambang itu menghiaskan tekad dan keyakinan setiap Pramuka yang berpegang pada dasar-dasar dan landasan-landasan yang baik, benar, kuat, dan nyata, yaitu tekad dan keyakinan yang dipakai olehnya untuk memperkuat diri guna mencapai cita-citanya.

  • Kelapa/nyiur adalah pohon yang serbaguna, dari ujung atas hingga akarnya.

Lambang itu mengiaskan bahwa setiap Pramuka adalah manusia yang berguna, dan membaktikan diri dan kegunaannya kepada kepentingan Tanah Air, bangsa, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta kepada umat manusia.

Itulah penjelasan mengenai enam unsur utama lambang Pramuka.

Baca juga: Jawaban dari Soal Dasa Dharma Ke-8 Pramuka Berbunyi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com