Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sistem Klasifikasi 2 Kingdom Carolus Linnaeus

Kompas.com - 31/10/2023, 20:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Ada berbagai sistem klasifikasi makhluk hidup. Tetapi, satu yang paling awal adalah sistem klasifikasi dua kingdom yang dikemukakan oleh Carolus Linnaeus. Berikut adalah penjelasannya!

Dilansir dari American Association fo the Advancement of Science, Carolus Linnaeus adalah orang pertama yang merumuskan dan menganut sistem seragam untuk mendefinisikan dan memberi nama pada tumbuhan dan hewan di dunia.

Carolus Linnaeus mengemukakan sistem klasifikasi dua kingdomnya dalam bukunya Species Plantarum dan Systema Naturae yang diterbitkan pada tahun 1758.

Baca juga: Tujuan Klasifikasi Makhluk Hidup

Dilansir dari Science Learning Hub, Carolus Linnaeus pertama kali mendeskripsikan sistemnya hanya dengan menyebutkan dua kingdom.

Sehingga, sistem klasifikasi Carolus Linnaeus disebut sebagai sistem klasifikasi dua kingdom.

Menurutnya, makhluk hidup dikelompokan menjadi dua kingdom yaitu kingdom Animalia dan kingdom plantae.

Kingdom Animalia adalah kerajaan makhluk hidup yang terdiri dari berbagai jenis hewan.

Sedangkan, Kingdom plantae adalah kerahaan makhluk hidup yang terdiri dari berbagai jenis tumbuhan.

Baca juga: 5 Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup

Menurut Linnaeus, tumbuhan adalah makhluk hidup yang membuat makanannya sendiri. Sedangkan, hewan adalah makhluk hidup yang memakan makhluk hidup lain.

Tidak hanya menjabarkan mencetuskan tentang sistem klasifikasi makhluk hidup, Carolus Linnaeus juga menjabarkan tentang sistem penamaan binomial.

Dilansir dari University of California Museum of Paleontology, penamaan binomial adalah penamaan makhluk hidup dari dua kata di mana kata pertamanya adalag genus dan kata keduanya adalah spesies.

Carolus Linnaeus melakukan penamaan binomial secara konsisten. Sehingga, penemaan tersebut terus digunakan hingga sekarang.

Baca juga: Klasifikasi Makhluk Hidup: Pengertian, Tujuan dan Dasar Klasifikasi

Adapun, sistem klasifikasi dua kingdom Carolus Linnaeus juga menjadi dasar pengembangan sistem klasifikasi modern makhluk hidup yang kita gunakan sekarang.

Sehingga, ahli taksonomi botani asal Swedia ini dikenal sebagai bapak taksonomi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com