Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Pelestarian Sumber Daya Udara

Kompas.com - 31/10/2023, 07:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Udara yang saat ini kita hirup merupakan sumber daya alam yang kita patut jaga kelestariannya.

Sumber daya udara adalah sumber daya alam yang mengandung sejumlah unsur penting, karena dapat menunjang kehidupan makhluk hidup di Bumi.

Bagaimana upaya pelestarian sumber daya udara yang bisa kita lakukan?

Upaya pelestarian udara

Sejatinya, upaya pelestarian sumber daya udara tidak hanya dilakukan oleh sejumlah pihak saja, karena membutuhkan keterlibatan berbagai kalangan.

Menurut Kristina Ananingsih dan Ignatius Novianto dalam buku Generasi Milenial Cinta Lingkungan (2021), berikut beberapa cara melestarikan udara:

  • Menyaring asap hasil pembakaran industri

Upaya pelestarian udara yang pertama, yakni menyaring asap hasil pembakaran industri. Agar udara yang dihasilkan lebih bersih dan tidak membahayakan kesehatan makhluk hidup.

Baca juga: Langkah kreatif Menyadarkan Masyarakat tentang Pentingnya Pelestarian Air

  • Mengurangi atau menghindari penggunaan batu bara 

Batu bara sering digunakan sebagai bahan bakar. Contohnya listrik yang kita konsumsi ini berasal dari pembakaran batu bara.

Cara melestarikan udara, salah satunya dengan mengurangi atau menghindari penggunaan batu bara. Sebagai gantinya, pakailah energi alternatif, seperti angin dan energi matahari.

  • Meminimalkan faktor penyebab kebakaran hutan 

Hutan yang terbakar akan membuat polusi udara. Oleh sebab itu, salah satu upaya pelestarian sumber daya udara, yaitu meminimalkan faktor penyebab kebakaran hutan.

  • Tidak menggunakan peralatan rumah tangga yang mengandung CFC 

Seperti yang kita tahu, CFC adalah Chloro Fluoro Carbon, yakni senyawa organik yang tersusun dari karbon, fluor, dan klorin.

Jika digunakan terus-menerus, kandungan CFC ini dapat merusak lapisan ozon, meski senyawa ini tidak berdampak langsung bagi kesehatan udara.

  • Menggunakan transportasi umum 

Dikutip dari situs Minnesota Pollution Control Agency, salah satu upaya pelestarian sumber daya udara, yaitu menggunakan transportasi umum.

Baca juga: 5 Cara untuk Melestarikan Lingkungan

Kurangi penggunaan kendaraan pribadi. Sebaliknya, gunakanlah transportasi umum demi mengurangi tingkat polusi udara dan penggunaan bahan bakar.

  • Tidak membakar sampah 

Salah satu cara melestarikan udara, yakni dengan tidak membakar sampah. Selain berbahaya bagi kesehatan, kebiasaan ini bisa mencemari udara.

  • Menanam pohon 

Salah satu upaya pelestarian udara yang bisa dilakukan di lingkungan sekitar adalah menanam pohon. Agar udara yang dihirup menjadi lebih sehat dan bersih.

Upaya pelestarian sumber daya udara lainnya ialah menggunakan lebih sedikit energi, menyusun peraturan soal kesehatan udara, dan mematuhi ketentuan emisi kendaraan.

Baca juga: Faktor Penyebab Terjadinya Pencemaran Udara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com