Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahasa Pemrograman Java: Pengertian, Keunggulan dan Jenisnya

Kompas.com - 22/10/2023, 07:00 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebelum mempelajari pembuatan program, yang harus diketahui adalah jenis bahasa pemrograman yang akan diketahui dan jenis program apa yang akan dibuat.

Bahasa pemrograman adalah sebuah instruksi standar untuk memerintah komputer agar menjalankan fungsi tertentu.

Salah satu jenis bahasa pemrograman yang umum digunakan adalah bahasa pemrograman Java.

Baca juga: 7 Langkah Dasar Pemrograman, Apa Saja?

Apa itu java?

Java adalah salah satu bahasa pemrograman yang bersifat open source yang merupakan produk dari Sun Microsystem.

Bahasa pemrograman java dibuat pada tahun 1991 oleh James Gosling, seorang ahli pemrograman yang bekerja di Sun Microsystem.

Java seringkali dianggap sebagai suatu bahasa pemrograman yang independen. Lantas, mengapa java disebut bahasa pemrograman independen?

Bukan tanpa alasan, java dianggap sebagai bahasa pemrograman yang independen sebab java merupakan bahasa pemrograman general-purpose, yakni dapat digunakan membangun aplikasi dalam berbagai domain.

Artinya, bahasa pemrograman Java tidak hanya bergantung pada satu jenis platform atau sistem operasi saja. Java dapat dijalankan pada platform manapun seperti Windows, Linux, Machintos, bahkan Android.

Baca juga: Pengertian dan Tingkatan Bahasa Pemrograman Komputer

Keunggulan  Java

Java merupakan salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang banyak diaplikasikan pada berbagai jenis program.

Adapun keunggulan java sebagai bahasa pemrograman antara lain:

  • Mudah dipelajari

Java merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming) yang relatif mudah dipelajari. Terutama bagi yang sudah familiar dengan Cc, C++, atau C#, sebab java tidak jauh berbeda dengan ketiga jenis bahasa pemrograman tersebut.

  • Mudah dikembangkan

Dengan pemrograman berorientasi objek, komponen program java terpecah menjadi satu atau beberapa class. Pengembangan bahasa Java sangat mudah karena hanya perlu mengubah atau menambah class yang pernah dibuat.

Contohnya adalah java mudah untuk dihubungkan dengan aplikasi yang lain, misalkan dalam Java Database Connectivity (JDBC) bisa dihubungkan dengan Oracle, MySQL, dan lain-lain.

Baca juga: Bahasa Pemrograman C: Awal Mula dan Pengertiannya

  • Multiplatform

Kelebihan utama dari Java ialah dapat dijalankan di beberapa platform atau sistem operasi komputer. Hal ini memungkinkan sebuah program berbasis java diterapkan di berbagai sistem operasi komputer.

Platform yang didukung sampai saat ini adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS dan Sun Solaris. Sebab, sistem operasi menggunakan programnya sendiri-sendiri yang dapat diunduh dari situs java untuk meninterpretasikan bytecode tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com