Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian HTML, Struktur, dan Fungsinya dalam Pengembangan Web

Kompas.com - 18/10/2023, 04:00 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Semakin pesatnya perkembangan arus internet dan teknologi informasi juga memacu pesatnya perkembangan teknologi website.

Website adalah sekumpulan halaman situs yang menampilakn berbagai macam informasi teks, gambar, animasi, suara dan lain-lain.

Sebuah website tidak lagi hanya dilihat dari informasi yang disajikannya saja, tetapi juga dari desain layout yang ditampilkan, di mana hal tersebut sebenarnya merupakan kumpulan dari kode-kode program HTML.

Baca juga: Pengertian dan Tingkatan Bahasa Pemrograman Komputer

Apa itu HTML?

HTML (hypertext markup language) adalah salah satu bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web.

HTML dicetuskan oleh seorang ahli fisika di lembaga peneltian Conseil Européen pour la Recherche Nucléaire (CERN) yaitu Tim Berners-Lee pada tahun 1991 di Swiss.

HTML disebut sebagai markup language karena dalam teks HTML mengandung tag tertentu yang digunakan untuk menentukan tampilan suatu teks dan tingkat kepentingan dari teks tersebut dalam suatu dokumen.

Pada umumnya HTML bersifat multi platform atau dapat digunakan di berbagai sistem operasi apa pun dan disimpan dengan ekstensi *.htm atau *.html agar dapat dibaca oleh browser.

Baca juga: Pengertian HTML, Tag, dan CSS

Struktur HTML 

Setiap dokumen HTML harus diawali dengan tag dan diakhiri dengan komplemennya. Tag adalah kode yang digunakan untuk me-markup teks ASCII menjadi file HTML, di mana setiap tag diapit dengan tanda kurung runcing (<html>).

Tag tersebut memberikan kaidah bahwa yang ditulis di antara kedua tag tersebut adalah isi dari dokumen HTML. Adapun jenis tag yang terdapat dalam HTML antara lain:

HTML

HTML merupakan tag dasar yang mendefinisikan bahwa dokumen adalah dokumen html. Tag ini sebagai tag pertama dalam dokumen html, adapun penulisan tag html adalah sebagai berikut:

  • <html> tag pembuka
  • </html> tag penutup

Baca juga: 7 Langkah Dasar Pemrograman, Apa Saja?

Head

Head tag adalah kepala dokumen dari HTML, yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang dokumen. 

Title

Title tag adalah bagian di dalam head yang digunakan untuk menuliskan judul dari dokumen HTML, yang akan muncul pada caption halaman browser jika halaman tersebut diakses. 

Body

Body tag adalah tubuh dari HTML, yang berfungsi untuk menentukan bagaimana isi suatu dokumen yang akan ditampilkan pada web browser.

Baca juga: Ciri-ciri Algoritma Pemrograman

Heading

Heading tag digunakan untuk memformat heading (judul dan sub judul) dari suatu halaman web. Terdapat 6 buah heading yang dikenal pada HTML, yaitu dari heading 1 (h1) sampai heading 6 (h6).

Horizontal ruler

Tag horizontal ruler <hr> berfungsi untuk menampilkan garis horizontal tiga dimensi di dalam halaman web, di mana pada tag horizontal tidak memerlukan elemen penutup </hr>.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com