Kompas.com - 26/07/2021, 14:07 WIB
Ilustrasi ciri-ciri algoritma pemrograman freepik.com/vectorjuiceIlustrasi ciri-ciri algoritma pemrograman

KOMPAS.com - Dalam perancangan suatu program, algoritma dibutuhkan karena memiliki peranan penting. Algoritma berperan untuk menghubungkan output atau keluaran yang dikehendaki dengan masukan atau input yang ada.

Algoritma tidak bergantung pada bahasa pemrograman. Sehingga untuk memasukkan algoritma ke bahasa pemrograman cenderung lebih mudah. Hal ini semakin dipermudah karena algoritma bisa digunakan di seluruh bahasa pemrograman.

Pengertian algoritma

Menurut Abdul Kadir dalam buku Logika Pemrograman Menggunakan Java (2020), algoritma merupakan kumpulan langkah rinci yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah. Langkah rinci ini dimasukkan ke dalam program sehingga dapat dijalankan oleh komputer.

Dikutip dari buku Algoritma dan Pemrograman Menggunakan Bahasa Pemrograman Java (Teori dan Aplikasinya) (2020) karya Yuniansyah, kata ‘algoritma’ pertama kali dikemukakan oleh ilmuwan Arab bernama Abu Jafar Muhammad Ibnu Musa Al Khuwarizmi.

Awalnya istilah ‘Al Khuwarizmi’ cukup sering digunakan. Namun, lambat laut istilah ini dilafalkan oleh orang Barat sebagai algorism. Seiring perkembangan zaman, kata ‘algorism’ ini diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi ‘algoritma’.

Baca juga: Jenis-Jenis Perangkat Penyimpanan di Sistem Komputer

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ciri-ciri algoritma pemrograman

Dalam buku Algoritma dan Struktur Data untuk Perguruan Tinggi (2020) karya Rintho Rante Rerung, disebutkan jika algoritma mempunyai empat ciri khas yang membedakannya dengan bentuk metode penyelesaian masalah lainnya.

Pertama, algoritma memiliki awalan dan akhiran. Kedua, dalam menggunakan algoritma, tiap langkah harus didefinisikan secara jelas agar tidak multitafsir. Ketiga, input atau masukan algoritma minimal satu. Keempat, algoritma harus efektif atau tertulis secara sederhana.

Selain empat ciri khas di atas, algoritma pemrograman masih memiliki enam ciri penting lainnya. Berikut penjelasannya:

  1. Finiteness
    Artinya algoritma harus berakhir untuk semua kondisi setelah memproses sejumlah langkah penyelesaian masalah. Ketika menjalankan suatu langkah, algoritma memiliki sifat keterbatasan, sehingga harus menghentikan langkah yang sedang diproses.
  2. Definiteness
    Artinya tiap langkah dalam algoritma haruslah didefinisikan dengan tepat atau tidak boleh menggunakan instruksi yang bermakna ganda, karena bisa menimbulkan ambiguitas. Tidak hanya itu, urutan langkah algoritma juga harus dibuat sejelas mungkin.
  3. Input
    Tiap algoritma bisa tidak memiliki masukan. Namun, biasanya algoritma memiliki nol atau beberapa data masukan (input). Masukan (input) adalah besaran yang diberikan di awal sebelum algoritma diproses atau mulai bekerja. 
  4. Output 
    Tiap algoritma memiliki output atau keluaran, baik dalam jumlah satu ataupun lebih. Keluaran (output) merupakan besaran yang berkaitan atau berhubungan dengan input (masukan). Bentuk keluaran ini berupa solusi penyelesaian masalahnya.
  5. Effectiveness
    Langkah yang diambil dalam sebuah algoritma haruslah bersifat wajar dan sebisa mungkin dijalankan dengan efektif. Artinya seluruh operasi algoritma berbentuk sederhana dan bisa dikerjakan dalam waktu singkat.
  6. Structured
    Langkah yang diambil dalam sebuah algoritma harus disusun secara sistematis. Tujuannya supaya penyelesaian masalah tersebut tidaklah berbelit-belit, sehingga waktu penyelesaianya cenderung lebih singkat.

Baca juga: Langkah-Langkah Sebelum Menginstal Komputer


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.