Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Pengertian Persepsi Menurut Ahli

Kompas.com - 18/09/2023, 10:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Editor

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com- Secara etimologis, persepsi atau yang dalam bahasa Inggris disebut perception berasal dari bahasa Latin perceptio berarti menerima atau mengambil.

Berikut pengertian persepsi menurut ahli:

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, persepsi adalah tanggapan, penerimaan langsung dari suatu serapan, atau proses seseorang mengetahui beberapa hal melalui pancaindranya.

Stanton

Dikutip dari buku Perilaku Konsumen (2013) menurut Nugroho, berikut definisi persepsi menurut Stanton:

"Persepsi adalah makna yang kita pertalikan berdasarkan pengalaman masa lalu, dan stimulus (rangsangan) yang kita terima melalui pancaindra."

Jalaluddin Rakhmat

Menurut Jalaluddin Rakhmat, persepsi adalah pengalaman tentang obyek, peristiwa, atau hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan.

Baca juga: Persepsi: Pengertian dan Contohnya

Sumanto

Pengertian persepsi menurut Sumanto adalah proses pemahaman atau pemberian makna atas suatu informasi terhadap stimulus.

Stimulus didapat dari proses penginderaan terhadap obyek, peristiwa, atau hubungan-hubungan antar gejala yang selanjutnya diproses oleh otak.

Abdul Rahman Saleh

Menurutnya, istilah Persepsi biasa digunakan untuk mengungkapkan pengalaman terhadap suatu benda atau kejadian yang dialami.

Persepsi ini didefinisikan sebagai proses yang menggabungkan dan mengorganisisasi data indra kita untuk dikembangkan sedemikian rupa. Sehingga kita dapat menyadari di sekeliling kita, termasuk sadar akan diri kita sendiri.

Bimo Walgito

"Persepsi adalah proses yang didahului oleh pengindraan, yaitu proses diterimanya stimulus oleh individu melalui alat indra atau proses sensoris. "

Proses itu tidak berhenti begitu saja, melainkan diteruskan, di mana proses selanjutnya adalah persepsi.

Baca juga: Persepsi sebagai Inti Komunikasi

William James

Definisi persepsi menurut William James adalah suatu hal yang terbentuk atas dasar data yang diperoleh dari lingkungan sekitar kita.

Data itu didapat dari proses pengindraan dan pengolahan ingatan memori berdasarkan pengalaman yang dimiliki.

Drever

Baginya, persepsi adalah proses pengenalan atau identifikasi suatu hal menggunakan pancaindra.

Philip Kotler

Pengertian persepsi menurut Philip Kotler adalah proses di mana individu memilih, mengorganisasikan, dan menginterpretasikan masukan informasi untuk menciptakan gambaran yang berarti.

Dari pengertian persepsi menurut ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa persepsi adalah penilaian dalam pemikiran seseorang setelah menerima stimulus dari apa yang dirasakan pancaindranya.

Stimulus tersebut kemudian berkembang menjadi suatu pemikiran, yang akhirnya membuat seseorang mempunyai suatu pandangan terkait kasus atau kejadian yang tengah terjadi.

Baca juga: Pengertian Persepsi dalam Komunikasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com