Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Dimaksud dengan Flora dan Fauna Endemik?

Kompas.com - 13/09/2023, 07:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Flora fauna endemik bisa kita jumpai di berbagai negara di dunia, salah satunya Tanah Air kita tercinta, Indonesia.

Istilah endemik timbul karena ada konsep endemisme dalam ekologi atau lingkungan. Dikutip dari buku Biologi Perikanan (2021) oleh Andi Tamsil dkk, berikut pengertian endemisme:

"Endemisme adalah gejala yang dialami olrganisme untuk menjadi unik atau berbeda, pada suatu lokasi geografi tertentu."

Tidak semua flora fauna di dunia dikatakan endemik. Ada sejumlah faktor atau ketentuan yang harus dipenuhi agar flora dan fauna bisa dikatakan endemik.

Tahukah kamu, apa yang dimaksud dengan flora dan fauna endemik?

Baca juga: Kehidupan Flora dan Fauna di Benua Eropa

Flora endemik

Ilustrasi matoa, tanaman buah khas yang menjadi flora identitas Provinsi Papua Barat. Matoa adalah salah satu flora endemik Indonesia.SHUTTERSTOCK/Joko SL Ilustrasi matoa, tanaman buah khas yang menjadi flora identitas Provinsi Papua Barat. Matoa adalah salah satu flora endemik Indonesia.

Flora endemik lazim juga disebut tumbuhan endemik.

Dilansir dari buku Ekologi Kepulauan (2022) karya Abdulrasyid Tolangara dkk, flora endemik adalah tumbuhan yang hanya terdapat di lokasi tertentu, dengan batas wilayah yang relatif sempit.

Perlu diketahui bahwa tumbuhan edemik ini hanya terdapat di suatu wilayah. Kecil kemungkinan jenis flora ini dijumpai di kawasan lainnya.

Contoh flora endemik yang ada di Indonesia, antara lain bunga Rafflesia arnoldii, Anggrek Tien Soeharto, meranti, serta matoa.

Fauna endemik

Ilustrasi satwa komodo di Taman Margasatwa Ragunan atau Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Selatan. Komodo adalah salah satu fauna endemik Indonesia.Dok. Wikimedia Commons/Midori Ilustrasi satwa komodo di Taman Margasatwa Ragunan atau Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Selatan. Komodo adalah salah satu fauna endemik Indonesia.

Sama seperti flora endemik, fauna endemik adalah hewan yang hanya dapat dijumpai di lokasi tertentu, dengan batas wilayah yang cenderung sempit.

Misal, beberapa fauna yang dapat kita lihat di Pulau Jawa, belum tentu bisa kita saksikan di Pulau Sulawesi, Kalimantan, atau Sumatera.

Menurut Mochammad Sodiq dalam buku Ilmu Kealaman Dasar (2017), contoh fauna endemik adalah Harimau Jawa, komodo, macan kumbang, burung maleo, dan burung Cenderawasih.

Baca juga: 10 Contoh Keragaman Flora dan Fauna di Pulau Sumatera

Jadi, apa yang dimaksud dengan flora dan fauna endemik?

Yang dimaksud dengan flora dan fauna endemik adalah hewan serta tumbuhan yang hanya hidup di lokasi tertentu dalam batas wilayah yang sempit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com