Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasangan Basa Nitrogen Penyusun DNA

Kompas.com - 24/08/2023, 15:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Asam deoksiribosa atau DNA yang membawa materi genetik disusun oleh beberapa molekul. Salah satu penyusun molekul dna adalah pasangan basa nitrogen. Apa saja pasangan basa nitrogen penyusun DNA?

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, pasangan basa penyusun DNA terdiri dari senyawa organik komplementer kaya nitrogen yang disebut sebagai purin dan pirimidin.

Basa nitrogen purin memiliki dua cincin karbon dan empat atom nitrogen. Basa nitrogen yang termasuk purin adalah adenin (A) dan guanin (G).

Baca juga: DNA: Pengertian, Struktur, dan Susunan nya

Adapun dilansir dari Biology Online, basa nitrogen pirimidin hanya memiliki satu cincin karbon dengan dua atom nitrogen.

Basa nitrogen yang termasuk pirimidin adalah sitosin (C), timin (T), dan urasil (U).

Pasangan basa nitrogen terbentuk dari basa purin yang berpasangan dengan basa pirimidin.

Pasangan basa nitrogen penyusun DNA adalah adenin (A) dengan timin (T) dan guanin (G) dengan sitosin (C).

Baca juga: Apa Saja Perbedaan RNA dan DNA?

Adenin (A) dengan timin (T)

Basa nitrogen adenin yang berikatan dengan timin hanya dapat ditemukan di DNA. Pasangan basa adenin-timin disatukan oleh dua ikatan hidrogen.

Dilansir dari School of Life Sciences, ikatan hirogen pasangan basa adenin-timin penting bagi DNA untuk mempertahankan struktur heliks gandanya.

Guanin (G) dengan sitosin (C)

Pasangan basa nitrogen penyusun DNA selanjutnya adalah guanin dan sitosin. Pasangan basa guanin-sitosin disatukan oleh tiga ikatan hidrogen.

Ikatan hidrogen yang lebih banyak membuat pasangan basa guanin-sitosin lebih kuat, sehingga diperlukan lebih banyak energi untuk memecahnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com