Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Pahlawan Wanita Indonesia yang Jarang Diketahui

Kompas.com - 18/08/2023, 08:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Perjuangan memerdekakan Indonesia banyak dilakukan oleh berbagai kalangan, terlepas apa pun jabatan dan jenis kelaminnya.

Kita seharusnya bangga karena memiliki banyak pahlawan wanita Indonesia. Sayangnya, ada beberapa pahlawan wanita Indonesia yang jarang diketahui masyarakat.

Berikut daftar nama pahlawan wanita Indonesia yang jarang diketahui:

Maria Walanda Maramis

Maria Walanda Maramis adalah salah satu nama pahlawan wanita Indonesia.Wikipedia.org Maria Walanda Maramis adalah salah satu nama pahlawan wanita Indonesia.

Dikutip dari situs Dinas Kebudayaan DIY, Maria Walanda Maramis adalah salah satu pahlawan nasional Indonesia.

Ia berjasa dalam pengembangan keadaan perempuan di awal abad ke-20. Bersama temannya, ia pernah mendirikan PIKAT atau organisasi Percintaan Ibu Kepada Anak Turunannya.

Berkat jasanya memajukan kaum perempuan, khususnya Minahasa, Pemerintah Indonesia menganugerahi Maria Walanda Maramis gelar Pahlawan Pergerakan Nasional.

Baca juga: 7 Daftar Nama Pahlawan Indonesia

Keumalahayati

Keumalahayati adalah salah satu nama pahlawan wanita Indonesia yang jarang diketahui.Kepustakaan Kowani Perpusnas Keumalahayati adalah salah satu nama pahlawan wanita Indonesia yang jarang diketahui.

Dilansir dari situs Kepustakaan Kongres Wanita Indonesia, Keumalahayati adalah salah satu nama pahlawan wanita Indonesia yang jarang diketahui.

Ia merupakan seorang pejuang wanita dari Kesultanan Aceh. Selain dikenal sebagai Keumalahayati, ia juga sering dupanggil Laksamana Malahayati.

Salah satu perannya yang luar biasa, yakni Malahayati memimpin dua ribu orang Inong Balee (janda pahlawan yang telah syahid) berperang melawan kapal dan benteng Belanda.

Bahkan ia juga membunuh Cornelis de Houtman dalam pertempuran satu lawan satu di geladak kapal. 

Berkat keberaniannya ini, ia dijuluki laksamana.

Siti Manggopoh

Dalam buku Khazanah Ulama Perempuan Nusantara (2023) oleh Nur Hasan, dituliskan bahwa Siti Manggopoh memiliki nama asli Siti.

Baca juga: Mengenal R.A Kartini, Sang Pahlawan Emansipasi Wanita

Ia adalah satu-satunya anak perempuan di keluarganya. Kelima saudara kandungnya adalah laki-laki.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com