Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Daftar Nama Pahlawan Indonesia

Kompas.com - 16/08/2023, 08:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Banyak pahlawan Indonesia yang berjuang untuk memerdekakan bangsa dan negaranya. Tak sedikit dari mereka yang harus meregang nyawa.

Semua perjuangan mereka itu, semata-mata untuk memerdekakan serta membebaskan Tanah Air dari kuasa penjajah.

Dikutip dari buku Ensiklopedia Pelajar dan Umum (2010) oleh Gamal Komandoko, berikut tujuh daftar nama pahlawan Indonesia:

Abdul Halim Perdana Kusuma

Abdul Halim Perdana Kusuma adalah salah satu nama pahlawan Indonesia.Wikipedia.org Abdul Halim Perdana Kusuma adalah salah satu nama pahlawan Indonesia.

Pahlawan Indonesia ini lahir di Sampang, Madura, pada 18 November 1922. Ia wafat dalam kecelakaan pesawat terbang di Tanjung Hantu, Malaysia.

Karena jasanya yang besar dalam pengembangan AURI (Angkatan Udara Republik Indonesia), pemerintah Indonesia menganugerahinya gelar Pahlawan Nasional pada 1975.

Baca juga: 6 Pahlawan Perempuan Indonesia

Abdul Haris Nasution

Abdul Haris Nasution adalah salah satu pahlawan Indonesia.Wikipedia.org Abdul Haris Nasution adalah salah satu pahlawan Indonesia.

Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Abdul Haris Nasution dikenal juga sebagai A. H. Nasution.

Ia memulai kariernya di dunia militer pada 1940. Setelah Jepang kalah, ia bersama beberapa temannya mendirikan Badan Keamanan Rakyat.

Ketika pemberontakan G30S/PKI terjadi, A.H. Nasution sempat menjadi target penculikan, namun, ia berhasil lolos.

Beberapa tahun berselang, ia mulai berkarier di bidang politik dan pemerintahan. Ia pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Permusyawatan Rakyat Sementara (MPRS).

Karena kiprahnya yang besar bagi bangsa Indonesia, ia diberi gelar Jenderal Besar oleh Presiden Soeharto.

Bung Tomo

Bung Tomo adalah salah satu pahlawan Indonesia.Wikipedia.org Bung Tomo adalah salah satu pahlawan Indonesia.

Pahlawan Indonesia ini tercatat sebagai pahlawan nasional sejak 2 November 2008. Ia dikenal lewat perjuangannya dalam Pertempuran 10 November di Surabaya.

Bung Tomo berperan besar dalam membakar semangat juang masyarakat Indonesia untuk bertempur hingga titik darah penghabisan.

Baca juga: Apa yang Dimaksud Pahlawan?

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com