Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Ekonomi Manajerial Menurut Ahli

Kompas.com - 03/08/2023, 21:45 WIB
Retia Kartika Dewi,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak pembelajaran ekonomi yang diaplikasikan dalam dunia bisnis, seperti ekonomi mikro maupun ekonomi makro.

Dilansir dari buku Ekonomi Manajerial (2022) oleh Fachrurazi dan teman-teman, berikut beberapa pendapat ahli mengenai pengertian ekonomi manajerial:

Baca juga: Peran Pelaku Ekonomi dalam Kegiatan Ekonomi

Hirschey

Ekonomi manajerial merupakan aplikasi teori ekonomi yang sebagai metode dalam pengambilan keputusan manajerial dan juga administratif.

Dominic Salavatore

Ekonomi manajerial merupakan suatu pengetahuan atau wawasan yang menunjukkan adanya teori ekonomi serta analis terhadap pengambilan keputusan dengan berdasarkan teori ekonomi tersebut untuk menelaah bagaimana bisnis tersebut dapat mencapai tujuan dengan efisien.

Baca juga: Inti Masalah Ekonomi dan Contohnya

Paul G. Keat

Ekonomi manajerial merupakan ilmu dan seni mengenai bagaimana mengorganisir dan juga mengalokasikan sumber daya perusahaan yang terbatas untuk dapat mencapai tujuan yang sudah ditentukan.

Evan J. Douglas

Pengertian ekonomi manajerial merupaka suatu bagian ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan penerapan prinsip-prinsip metodologi ekonomi di dalam proses pengambilan keputusan pada sebuah perusahaan/organisasi.

Baca juga: Pertumbuhan Ekonomi: Pengertian dan Faktor-faktornya

Campbell R. McConnel

Pengertian ekonomi manajerial merupakan alat analisis yang sangat penting bagi manajer di dalam mengambil keputusan bisnis.

Sesuai dengan namanya, ekonomi manajerial merupakan gabungan dari ilmu ekonomi dan ilmu manajemen.

Michael R. Baye

Dikutip dari buku Buku Ajar Ekonomi Manajerial (2018) oleh Usep Sudrajat dan Suwaji, ekonomi manajerial merupakan ilmu bagaimana memimpin pengelolaan tujuan dengan berhasil dengan sumber daya yang terbatas secara efisien.

Baca juga: Contoh Kegiatan Ekonomi Produksi, Distribusi, dan Konsumsi di Lingkungan Sekitar

Vincent Gasperzt

Ekonomi manajerial adalah aplikasi atau penerapan teori-teori ekonomi mikro, sehingga ekonomi manajerial sering disebut sebagai ekonomi mikro terapan.

Itulah penjelasan mengenai pengertian ekonomi manajerial menurut para ahli.

Baca juga: Ekonomi Maritim: Pengertian dan 3 Contoh Kegiatannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com