Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kegiatan Ekonomi Utama Penduduk Vietnam

Kompas.com - 30/06/2023, 07:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Vietnam adalah salah satu negara di Asia Tenggara, yang juga tergabung dalam ASEAN (Association of Southeast Asian Nations).

Pada awal kemerdekaannya, perekonomian Vietnam sempat terpuruk, bahkan sempat menjadi salah satu negara termiskin di dunia.

Namun, lambat laun, perekonomian Vietnam mulai bangkit. Kini, Vietnam dikenal sebagai negara dengan tingkat penghasilan menengah.

Apa saja kegiatan ekonomi penduduk Vietnam?

Kegiatan ekonomi penduduk Vietnam

Ilustrasi petani sedang bekerja di sawah.DOK. Humas Kementan Ilustrasi petani sedang bekerja di sawah.

Dikutip dari situs New World Encyclopedia, Perang Vietnam telah menghancurkan sebagian besar perekonomian negara ini.

Pemerintah ambil alih, dengan menciptakan sistem ekonomi komando. Mereka juga berfokus pada sektor pertanian serta pemanfaatan pabrik.

Baca juga: Kenampakan Alam yang Terdapat di Vietnam

Vietnam memiliki kegiatan ekonomi yang kurang lebih hampir sama dengan Indonesia. Adapun kegiatan ekonomi utama penduduk Vietnam adalah bertani.

Dilansir dari situs Encyclopaedia Britannica, meski menjadi salah satu sektor terpenting, pertanian pernah memudar di Vietnam.

Pada awal 1990-an, manufaktur menjadi sektor terpenting kala itu, meski hanya sekitar delapan persen penduduknya yang menekuni bidang tersebut.

Beberapa jenis tanaman yang banyak dibudidayakan penduduk Vietnam adalah padi (beras), jagung, ubi jalar, dan kacang-kacangan.

Aktivitas pertanian lebih banyak dilakukan di dataran rendah, khususnya wilayah yang berdekatan dengan Delta Sungai Merah dan Mekong.

Selain bertani, pekerjaan penduduk Vietnam lainnya ialah sebagai pekebun. Banyak lahan di negara ini yang juga diolah menjadi lahan perkebunan.

Jenis tanamannya, antara lain kopi, teh, kelapa, jeruk, dan pisang. Ada juga yang menanam mangga, nangka, dan berbagai jenis sayuran.

Baca juga: Vietnam, Negara ASEAN yang Pernah Terbagi Dua

Tak hanya pertanian dan perkebunan, kegiatan ekonomi penduduk Vietnam lainnya adalah melaut dan penambang.

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa kegiatan ekonomi utama penduduk Vietnam adalah bertani serta berkebun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com